Polres Gumas Gelar Rakor Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Nataru

Whatsapp Image 2023 12 20 At 3.14.34 Pm
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra didampingi Sekda Richard, berfoto bersama dengan para kasat, kapolsek, serta kepala perangkat daerah terkait, usai rakor lintas sektoral, Senin (18/12/2023).

, menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral bersama instansi terkait, menjelang perayaan hari raya 2023 dan tahun baru 2024 (nataru).

”Rakor ini untuk melihat kesiapan seluruh pihak dalam pengamanan menjelang perayaan di hari raya natal 2023 dan tahun baru 2024,” ujar Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, Rabu (20/12/2023).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Dalam pengamanan nataru, kepolisian akan melakukan operasi lilin selama 12 hari, yang dimulai 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024 nanti.

”Kami ingin rakor jangan hanya dijadikan sebagai acara seremonial, tetapi juga harus memantapkan tugas pengamanan untuk melayani masyarakat. Memang diperlukan sinergitas semua pihak agar terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Dia berharap kepada instansi terkait agar selalu berperan aktif serta bersinergi untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul, khususnya terkait kenaikan harga menjelang nataru.

”Hal seperti ini biasa terjadi menjelang hari besar . Untuk itu, sebagai pemangku kebijakan harus berperan penting dalam membantu dan mengatur harga pasar maupun distribusi,” terangnya.

Dia meminta dan seluruh stakeholder dapat bekerjasama, bersinergi dan kolaborasi dalam rangka memberikan pelayanan, keamanan serta kenyamanan bagi umat kristiani. Yang perlu ditingkatkan yakni koordinasi dan menyamakan persepsi pada perayaan nataru.

”Kita juga harus mewaspadai setiap gangguan kamtibmas dengan melibatkan tokoh agama, masyarakat dan adat untuk membantu pengamanan, selesaikan permasalahan dengan cepat tuntas dan tepat, serta melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tukasnya. (ahs)