Tiga Desa/Kelurahan Telah Menikmati Aliran Listrik PLN

Whatsapp Image 2023 12 20 At 3.14.12 Pm
Bupati Gumas Jaya S Monong, Manajer PLN ULP Kuala Kurun Rizal Bima Bayuaji, berfoto bersama dengan perangkat desa, usai peresmian dan penyalaan listrik PLN pada salah satu rumah warga di Desa Batu Tangkoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, belum lama ini.

, KUALA KURUN – Sejak akhir Bulan November tahun 2023, tiga desa/kelurahan yang tersebar di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Gumas, akhirnya sudah dapat merasakan layanan listrik dari .

”Dua desa itu yakni Desa Batu Tangkoi dan Tumbang Hamputung, , serta Kelurahan Tumbang Marikoi, Kecamatan Damang Batu,” ujar Bupati Gumas Jaya S Monong, Rabu (20/12/2023).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Dia mengakui, kehadiran layanan listrik dari PLN pada berbagai desa/kelurahan sudah diupayakan sejak beberapa tahun lalu. Namun semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, sehingga memerlukan proses dan waktu.

”Meskipun demikian, kami bersyukur akhirnya pelayanan listrik PLN sudah bisa dirasakan oleh masyarakat di tiga desa/kelurahan,” tuturnya.

Dia mengatakan, kehadiran layanan listrik PLN itu tidak lepas berkat sinergi dan kerjasama antara pemerintah, mulai tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan, PLN, serta seluruh masyarakat.

”Masyarakat juga ikut berperan dimana merelakan pohon miliknya dipangkas, sehingga tiang listrik dan jaringan PLN bisa terpasang,” katanya.

Sementara itu, Manajer Rizal Bima Bayuaji menuturkan, kehadiran listrik PLN akan berdampak positif dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

”Misalnya dari sisi , jika sebelumnya masyarakat menggunakan genset yang memerlukan biaya operasional cukup besar, maka mereka bisa berhemat jika menggunakan listrik PLN,” jelasnya.

Dia menambahkan, masyarakat yang ingin melakukan pemasangan baru dapat memanfaatkan LSP+. Layanan ini merupakan pasang baru secara paket biaya penyambungan plus yang mendapatkan SLO melalui PLN , dengan biaya yang transparan. Pelanggan bisa bermohon via PLN Mobile dan cukup menunggu di rumah dengan memantau pemberitahuan proses penyambungan PLN melalui PLN Mobile.

”Kami imbau kepada masyarakat agar memanfaatkan layanan resmi dari PLN jika ingin melakukan sambungan listrik baru. Itu semua demi menghindari hal yang tidak diinginkan seperti penipuan, dan lain,” tukasnya. (ahs)