APHI Kalteng Diharap Dukung Pembangunan Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

Whatsapp Image 2023 12 20 At 1.29.34 Pm

, – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi , H. menghadiri peresmian kantor baru Komisariat Daerah (Komda) Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Kalimantan Tengah (Kalteng), di Jalan Beruk Angis Palangka Raya, Selasa (19/12/2023) pagi.

Peresmian kantor Komda APHI Kalteng ini ditandai penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum DPP APHI Prof. Dwisuryo Indroyono Susilo, yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, penanaman pohon Pulai Hitam, dan pemotongan pita.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Pada kesempatan itu, Sekda menyampaikan ucapan selamat dari Kalteng atas peresmian kantor baru ini, yang diharapkan dapat menjadi sarana penting untuk memperkuat kapasitas dan kualitas organisasi serta peran Komda APHI.

“(Komda) APHI punya peran strategis dalam , terutama di sektor kehutanan, menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kalimantan Tengah yang semakin sejahtera dan bermartabat,” kata Sekda.

Sekda berharap, adanya sinergi dan kolaborasi dari Komda APHI untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam membangun pengelolaan hutan yang baik dan berkelanjutan agar kekayaan hutan luar biasa Kalteng berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Komda APHI harus terus bergerak untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri kehutanan di Provinsi Kalimantan Tengah, sehingga pada akhirnya juga dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” harap Gubernur di dalam sambutannya.

Senada dengan itu, Ketua Umum APHI, Prof Dwisuryo Indroyono Susilo menyatakan, industri kehutanan saat ini telah memasuki ekosistem baru, bukan hanya mengandalkan hasil kayu, tetapi nonkayu, mulai dari agroforestry, , karbon, hingga biomassa.

“Kita bergeraknya adalah memberikan nilai tambah kepada produk kehutanan,” bebernya.

Dwisuryo pun mengakui potensi kekayaan hutan Kalteng, khususnya untuk pengembangan karbon dan biomassa.

“Kalau ini lestari. Hal-hal seperti inilah mari sama-sama kita lebih sosialisasikan, kita lebih berdayakan, dan saya sangat menaruh harapan. Kita semua, APHI Pusat dan Daerah menaruh harapan pada Kalimantan Tengah karena di sinilah sumbernya,” pungkasnya. (asp)