Polres Bangun Tiga Pos Selama Operasi Lilin Telabang

Whatsapp Image 2023 12 21 At 1.51.42 Pm
Wakapolres Gumas Kompol Tri Wibowo dan Sekda Richard melakukan pengecekan pasukan pada kegiatan apel gelar pasukan Operasi Lilin Telabang tahun 2023, Kamis (21/12/2023).

, – Polres akan melaksanakan operasi lilin telabang tahun 2023, selama 12 hari yakni mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 60 personel dengan tambahan personel TNI, pemerintah daerah dan mitra kamtibmas.

”Selama operasi, kami akan membangun tiga pos yakni satu pos pelayanan di Taman Kota Kuala Kurun, serta dua pos pengamanan di Kecamatan Sepang dan Rungan Barat,” ujar Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, melalui Wakapolres Kompol Tri Wibowo, Kamis (21/12/2023).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Di tiga pos yang dibangun, selain mengamankan wilayah sekitar, personel juga akan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang memerlukan bantuan. Mereka nanti dapat berkomunikasi dengan personel yang bertugas.

”Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang digunakan selama operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan dan perayaan natal 2023 serta tahun baru 2024 berjalan optimal,” terangnya.

Untuk memastikan ibadah natal berlangsung dengan aman dan khidmat, setiap lokasi ibadah harus disterilisasikan dan melibatkan ormas dalam pengamanan sebagai wujud toleransi beragama.

”Di perayaan malam tahun baru, personel harus melakukan pengamanan pada kegiatan keramaian maksimal. Untuk mengantisipasi kejahatan konvensional, lakukan patroli rutin pada objek vital, pusat dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman,” jelasnya.

Dia menambahkan, yang tidak kalah penting lakukan monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi penting serta mengimbau pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan stok. Jika diperlukan, lakukan gakkum secara prosedural, namun jangan mengganggu distribusi maupun ketersediaan pangan di lapangan.

”Pengamanan nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Itu merupakan rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan dan dipersiapkan, utamanya yang berkaitan , pasokan dan distribusi ,” pungkasnya. (ahs)