DPRD Minta Kades Manfaatkan Potensi Desa

Whatsapp Image 2023 12 21 At 1.52.41 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Punding S Merang

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Anggota Kabupaten Gumas Punding S Merang meminta kepada semua kades di daerah ini, agar jeli dalam memanfaatkan dan menggali potensi desa yang dimiliki.

”Sebagai kades, mereka harus belajar dalam memanfaatkan potensi desa yang dimiliki untuk diperkenalkan ke masyarakat luas, sehingga desa mereka akan semakin maju,” ujar Punding, Kamis (21/12/2023).

Dalam menggali potensi yang dimiliki, akan berdampak sangat besar terhadap perekonomian masyarakat desa. Terlebih potensi tersebut dapat berkembang menjadi peluang usaha menjanjikan, baik itu di bidang , perkebunan, dan .

”Salah satu contoh desa yang dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki yakni Desa Hurung Bunut, . Desa itu sudah menjelma menjadi desa dan pertanian,” tuturnya.

Dia menuturkan, keberadaan potensi desa yang dimiliki tersebut nantinya bisa dikelola melalui pembentukan BUMDes, yang modal awalnya menggunakan yang dikucurkan Pemkab setempat maupun pemerintah pusat.

”Apabila peluang dan modal sudah ada, sekarang tinggal kemauan dan kejelian dari kades maupun perangkat desa memanfaatkan potensi desa yang dimiliki,” katanya.

Politisi Partai ini juga berharap, peluang dan potensi desa dimanfaatkan sebaik-sebaiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah harus terus memberi perhatian, sehingga desa bisa lebih maju dan mampu mensejahterakan masyarakat.

”Perlu peran serta dari seluruh masyarakat juga menentukan sukses tidaknya pemanfaatan potensi desa,” tandasnya. (ahs)