Pemkab Gumas Teken Kontrak Pengadaan Barang/Jasa

Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing dan Sekda Richard, ketika menyaksikan kick off penandatanganan kontrak bersama pengadaan barang dan jasa tahun 2024, di ruang rapat lantai 1 kantor bupati, Senin (29/1/2024).

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) melakukan kick off penandatanganan kontrak bersama pengadaan barang/jasa tahun 2024.

”Ada 10 yang melakukan penandatanganan ini, dengan total 14 paket pengadaan. Nilai pagu Rp2.227.951.644, dengan nilai kontrak total Rp2.063.460.603,” ujar Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing, Senin (29/1/2024).

Ke 14 paket tersebut terdiri dari 10 paket pekerjaan pengadaan barang, satu paket konstruksi yang merupakan paket tender dini pra DIPA pada awal tahun 2024, dan dua paket pekerjaan jasa konsultasi. Kick off secara simbolis diikuti oleh satu perangkat daerah dengan jumlah empat paket.

”Pelaksanaan kick off merupakan salah satu langkah awal dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pada tahun 2024. Tentunya masih banyak lagi tahapan berikutnya menuju hasil yang optimal,” jelasnya.

Dia menuturkan, kick off penandatanganan kontrak pengadaan barang/jasa dilakukan untuk memastikan prosedur dan program kegiatan oleh pemkab berjalan secara tepat waktu, dan merupakan wujud pelaksanaan komitmen bersama stakeholder dalam meningkatkan koordinasi, sinergi, serta sinkronisasi untuk percepatan penyerapan .

”Pengadaan barang/jasa dilakukan secara efektif dan efisien, mengedepankan peran serta diharapkan akan mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian pembangunan,” terangnya.

Dia mengakui, pemerintah juga selalu berusaha untuk meningkatkan peran dan fungsi UMKM dalam kegiatan pembangunan . Ini penting karena kalau UMKM semakin maju dan semakin kuat, maka perekonomian masyarakat akan semakin stabil dan semakin kuat.

”Peningkatan keterlibatan dan penguatan UMKM ini merupakan wujud nyata dari pemerintah untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat, sesuai dengan amanat dari UUD 1945 dan dasar negara yaitu Pancasila,” katanya.

Dia mengapresiasi kepada seluruh perangkat daerah yang sudah menyatakan keikutsertaan paket pekerjaan pada tahapan kick off ini, serta pihak penyedia yang bersedia bekerjasama. Diharapkan kerjasama dapat terbina dengan baik, saling mendukung dan mempunyai visi yang sama terkait pembangunan. (ahs)