Deklarasi Damai untuk Wujudkan Kamtibmas Kondusif

Sekda Gumas Richard didampingi Kapolres AKBP Theodorus Priyo Santosa, Pabung Kodim 1016 Plk Letkol Inf Maksun Abadi, Kajari Sahroni, Kepala Badan Kesbangpol Sugiarto, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan sejumlah ormas, berfoto bersama usai mengikuti deklarasi pemilu damai secara virtual, di ruang rapat lantai 1 kantor bupati setempat, Minggu (4/2/2024).

, – Pemkab mengikuti secara virtual kegiatan deklarasi damai tahun 2024, yang digelar . Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan pernyataan untuk mewujudkan pemilu damai tahun 2024 oleh seluruh stakeholder terkait.

“Pelaksanaan deklarasi pemilu damai dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah, menjelang pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang,” ujar Sekda Gumas, Richard, Minggu (4/2/2024).

Di samping itu, deklarasi pemilu damai tahun 2024 juga menjadi salah satu upaya mengecek kesiapan daerah dalam menghadapi pemilu tahun 2024, serta memastikan kondisi kamtibmas agar tetap kondusif jelang pemilu.

“Deklarasi pemilu damai ini juga untuk memastikan sarana prasarana pendukung pemilu sudah siap. Salah satunya distribusi logistik pemilu,” jelasnya.

Dia mengatakan, deklarasi pemilu damai yang diucapkan bersama, yakni menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan NKRI, mendukung pelaksanaan pemilu tahun 2024 dengan menggunakan hak pilih dan tidak golput.

Kemudian, tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menolak segala bentuk ujaran kebencian, berita , uang, politisasi SARA yang dapat memecah belah dan mengancam keutuhan bangsa.

Selanjutnya, menghormati keberagaman serta mewujudkan suasana aman, tertib, dan damai selama tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024, dengan menjunjung tinggi falsafah huma betang, belom bahadat.

“Mari jadikan pemilu tahun 2024 sebagai wujud nyata partisipasi dalam demokrasi di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Tanah Penuh Berkah, serta mewujudkan pemilu tahun 2024 yang berkualitas, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” terangnya.

Dia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya pemilih pemula untuk proaktif dan jangan golput. Pilih pasangan calon presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif pusat dan daerah sesuai hati nurani, tanpa unsur paksaan ataupun intimidasi dari siapa pun.

“Gunakan hak pilih dan jangan golput. Berikan suara untuk kemajuan Indonesia, Provinsi Kalteng, dan khususnya Kabupaten Gumas,” tukasnya. (ahs)