Pemkab Perhatikan Aspek Pemerataan dan Prioritas dalam Pembangunan

Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Asisten III Letus Guntur, Camat Kurun Iltem, ketika menghadiri musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Kurun, pekan lalu.

BALANGANEWS, – Bupati , Jaya S Monong mengatakan setiap usulan yang diajukan oleh masyarakat pada saat musrenbang RKPD akan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan.

“Usulan yang diajukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten, akan disusun dengan perhatikan aspek pemerataan dan prioritas pembangunan,” ujar Jaya, Minggu (11/2/2024).

 

berfokus pada pemerataan dan prioritas pembangunan infrastruktur berkelanjutan, seperti peningkatan akses dan bagi masyarakat, peningkatan daya saing SDM dengan pelatihan.

Kemudian, peningkatan kerja sama penempatan tenaga kerja daerah dengan perusahaan atau pelaku usaha di daerah, pembangunan dan pemerataan infrastruktur pelayanan publik yakni jalan, jembatan, air bersih, sanitasi, dan perumahan, serta perluasan dan peningkatan produktivitas ekonomi terhadap komoditas unggulan daerah.

“Kami juga ingin meningkatkan kualitas hidup, kualitas melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan maupun daerah lain yang sudah berprestasi, dan tata kelola pemerintah ke arah digital,” tuturnya.

Beberapa waktu lalu, sudah digelar musrenbang RKPD tingkat kecamatan tahun 2024. Setelah itu, akan dilaksanakan forum , dan dilanjutkan dengan musrenbang RKPD di tingkat kabupaten.

“Dengan adanya musrenbang kecamatan itu, kami berharap permasalahan yang telah dirumuskan, bisa dianalisa dengan seksama oleh seluruh pihak,” ujar dia.

Dengan demikian, akan terwujud menjadi program atau kegiatan strategis yang mampu menjawab permasalahan itu, tanpa keluar dari koridor arah kebijakan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Gumas.

“Kami tidak dapat bekerja sendiri, namun perlu peran serta masyarakat mulai awal perencanaan sampai di tahap pengawasan pada pelaksanaan program yang terlaksana,” tukasnya. (ahs)