Pemkab Gumas Gelar Bimtek Inovasi Daerah

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing bersama Kepala Bapperida Yantrio Aulia, serta narasumber dari BSKDN Kemendagri Ristiyan Widiaswati, memberikan arahan pada kegiatan bimtek inovasi daerah tahun 2024, di aula kantor bapperida, Rabu (20/3/2024).

, – Pemkab menggelar bimtek inovasi daerah tahun 2024, untuk memberikan pemahaman teknis tentang indikator penilaian Innovative Government Award (IGA) , serta teknik penginputan dokumen dan data dukung pada IGA Kemendagri.

”Bimtek inovasi daerah ini untuk percepat terwujud kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, daya saing daerah dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017,” ujar Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Rabu (20/3/2024).

Dalam konteks pemerintah daerah, inovasi berdampak bagi kemajuan suatu daerah. Kalau tidak berinovasi akan tertinggal jauh dibandingkan daerah lain. Inovasi daerah menjadi sarana pemerintah dalam rangka mendorong tercipta penyelenggaraan dan masyarakat yang lebih produktif, efektif dan efisien.

”Kalau semakin banyak inovasi yang lahir dari , maka indeks inovasi daerah akan meningkat. Diharapkan tahun 2024, semakin banyak yang berpartisipasi dalam lomba inovasi daerah yang rencananya digelar pada Bulan April 2024,” terangnya.

Dia mengapresiasi perangkat daerah yang sudah menyampaikan data inovasi yang diterapkan tahun 2022-2023 maupun dilakukan tahun 2024. Inovasi yang diterapkan tahun 2022-2023 dan belum mengikuti lomba inovasi, diarahkan ambil bagian lomba inovasi yang dilaksanakan Bapperida Kabupaten Gumas.

”Tanpa inovasi, daerah kita akan tertinggal karena hanya disibukkan dengan pekerjaan monoton setiap hari, bulan bahkan tahun. Inovasi tidak sesulit yang dibayangkan. Yang terpenting ada kemauan bersama,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Bapperida Kabupaten Gumas Yantrio Aulia mengakui, bimtek bertujuan sebagai inovator dan operator dalam melengkapi dokumen dan data dukung serta teknik penginputan aplikasi IGA Kemendagri, serta mendukung peningkatan penilaian indeks inovasi daerah yang menjadi salah satu indikator penilaian kinerja pemerintah daerah.

”Untuk peserta bimtek berasal dari seluruh perangkat daerah dan kecamatan. Sedangkan narasumber yakni tim teknis inovasi dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri,” tukasnya. (ahs)