TPK Tewah Raih Peringkat Pertama Penyaji TPK Hebat Tingkat Nasional

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing didampingi Kepala DP2KBP3A Rina Sari ketika berfoto bersama dengan pegawai DP2KBP3A usai mengikuti kelas TPK hebat seri I tingkat nasional secara virtual, di ruang rapat lantai 1 kantor bupati, Selasa (26/3/2024).

, – Setelah melalui berbagai rangkaian seleksi mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan , Tim Pendamping (TPK) Kelurahan , , Kabupaten Gumas yang mewakili Provinsi Kalteng berhasil menjadi tiga terbaik sebagai penyaji TPK Handal, Berempati dan Bersahabat (Hebat) seri I tingkat nasional tahun 2024.

Tiga terbaik penyaji TPK hebat sesi 1 pada tingkat nasional itu yakni TPK Kelurahan Tewah, TPK Desa Turus, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, dan TPK Desa Bangkiling, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, serta berhak menjadi penyaji terpilih dalam acara kelas TPK hebat sesi 1.

”Kami sangat bangga atas prestasi yang diraih TPK Kelurahan Tewah dalam penyaji TPK Hebat Seri I tingkat nasional. Tentu itu dapat memotivasi TPK lainnya untuk terus bersama-sama menurunkan angka ,” ujar Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing, Kamis (28/3/2024).

Sekarang ini, TPK di Kabupaten Gumas berjumlah 381 orang yang tersebar di 127 desa/kelurahan. TPK merupakan lini terdepan dan memiliki peran penting dan strategis dalam upaya percepatan penurunan stunting, karena yang berhubungan langsung dengan para sasaran yaitu calon pengantin, , ibu nifas, baduta dan balita.

”Dalam melakukan tugas pendampingan, tentu TPK membutuhkan dukungan dan semangat dari semua pihak. Kami juga akan selalu mendukung setiap tugas pendampingan yang dilakukan oleh TPK,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Gumas Rina Sari menuturkan, setelah ditetapkan tiga terbaik, dilanjutkan dengan mengikuti kelas TPK hebat, dengan tema pencegahan stunting pada calon pengantin.

Di kelas itu, ada narasumber yang juga mendampingi tiga TPK terpilih, yaitu Direktur Bina Ketahanan Remaja Edi Setiawan, serta Akademik Universitas Gajah Mada Esti Utami Risanto, Obginsos dan Ancelma Rayi Sari Pranasti.

”Ketiga TPK menyajikan analisa dan tata laksana yang dilakukan terhadap kasus PBL, review serta pemberian rekomendasi dari pakar yang kompeten di bidangnya. Setelah rangkaian seleksi, TPK Kelurahan Tewah berhasil meraih peringkat pertama Penyaji TPK Hebat seri I tingkat nasional,” pungkasnya. (ahs)