Ada Pertimbangan untuk Tentukan Komoditi Unggulan

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gumas, Aryantoni

, – Salah satu program unggulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) adalah smart agro. Untuk menentukan komoditi unggulan di program itu, perlu beberapa pertimbangan yang harus dimatangkan.

”Pertimbangan itu adalah berkelanjutan, jaminan pasar, jaminan petani dan berorientasi outcome,” ujar Kepala Dinas Kabupaten Gumas, Aryantoni, Kamis (25/4/2024).

Dia menuturkan, untuk pertimbangan berkelanjutan, diharapkan seluruh usaha pertanian secara umum dengan komoditi pilihan dapat dilaksanakan secara terpadu dengan sinkronisasi hulu dan hilir.

”Kalau pertimbangan jaminan pasar, komoditi unggulan itu harus mempunyai pasar produk yang jelas, sehingga memberikan harapan terhadap pendapatan petani,” tuturnya.

Salah satu komoditi unggulan yang sudah ditetapkan adalah jagung hibrida. Itu nantinya sangat dibutuhkan, karena menjadi salah satu bahan baku dari pakan ternak.

”Untuk komoditas jagung hibrida, pemenuhan kebutuhan pakan di Kabupaten Tanah Laut dan adanya pembangunan pabrik pakan Kabupaten akan menjadi peluang jaminan pasar,” terangnya.

Selanjutnya jaminan ekonomi petani, dimana usaha pertanian diharapkan akan menjadi alternatif untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi , secara khusus bagi keluarga petani.

”Pemenuhan ekonomi itu meliputi sandang, dan papan. Hal itu masih terkait dengan berkelanjutan dan adanya jaminan pasar produk,” katanya.

Kemudian, jaminan berorientasi outcome, seluruh program dan kegiatan dinas pertanian diarahkan pada skala hasil, artinya setiap produk hasil pertanian memiliki nilai jual di masyarakat dan ekonomi untuk kesejahteraan petani. (ahs)