Kejurnas Grasstrack Harus Digelar Secara Berkesinambungan

Bupati Gumas Jaya S Monong berfoto bersama dengan para juara Kejurnas Swallow Grasstrack Yamaha Putaran I Region IV Kalimantan, di Sirkut Antang Sakti Kuala Kurun, Minggu (5/5/2024).

BALANGANEWS, – Pemkab bersama Pengcab IMI kabupaten, kabupaten, dan Pengprov IMI Kalteng menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Swallow tahun 2024 putaran I Region IV Kalimantan.

”Kami menyambut baik olahraga yang memacu adrenalin ini, karena di samping menumbuhkembangkan bakat peserta grasstrack, juga menjadi wadah untuk pemuda dan remaja, sehingga mereka tidak melakukan aksi balap liar sekaligus menjadi hiburan bagi masyarakat,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, Minggu (5/5/2024).

Mengingat besarnya animo masyarakat terhadap grasstrack, maka diharapkan even seperti ini terus berkesinambungan dengan tujuan mencari bibit crosser yang handal di Kabupaten Gumas, untuk dapat berkompetisi pada even-even nasional lainnya.

”Dengan pelaksanaan ini, kami berharap akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan melalui UKM dan ,” tuturnya.

Dia berterima kasih kepada jajaran pengurus IMI pusat dan provinsi yang telah mempercayakan Kabupaten Gumas sebagai tuan rumah penyelenggaraan even Kejurnas grasstrack ini ke dalam kalender IMI. Apalagi sebelumnya Kabupaten Gumas juga sukses menyelenggarakan Kejurda tahun 2023 lalu.

”Terima kasih kepada sponsor dan panitia yang bekerja keras, mulai dari tahap persiapan sampai dengan pelaksanaan Kejurnas grasstrack. Selamat bertanding kepada peserta Kejurnas, baik itu yang berasal dari dalam maupun luar pulau kalimantan,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Panitia Try Pebriadi mengatakan, Kejurnas grasstrack diikuti oleh 100 rider dengan 256 starter. Tercatat ada 22 kelas diperlombakan, yang terdiri dari lima kelas Kejurnas dan 17 kelas supporting race, di Sirkuit Antang Sakti Kuala Kurun yang memiliki panjang lintasan 1.400 meter.

”Kelas Kejurnas yang diperlombakan yaitu GTX1-Trail Tune Up 4L 180cc Pro, GTX2-Trail Standard 4L 155cc Pro, GTX3-Trail Standard 4L 155cc Pemula, GTX4-Trail Standard 4L 155cc wanita, GTX5-Trail Standard Pabrik 4L 155cc Pemula,” tukasnya. (ahs)