Kontingen FBIM Gumas Raih Juara Pertama Lomba Habayang Putri

Para atlet yang berhasil meraih juara pertama pada lomba habayang kategori putri, saat berfoto bersama dengan kontingen dari Kabupaten Gumas, di GOR Serbaguna, Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

, – Tiga atlet FBIM Kabupaten yakni Rianti, Yensi dan Rince berhasil meraih juara pertama pada lomba habayang kategori putri, yang diikuti 12 kabupaten/kota se-Provinsi . Pada babak final, mereka mampu mengalahkan atlet dari Kabupaten .

“Kami sangat bangga atas capaian ini. Terima kasih kepada pelatih dan pendamping yang mendukung, sehingga kami mampu mengharumkan nama daerah,” ujar salah satu atlet Rianti, Selasa (21/5/2024).

Pada lomba habayang/bagasing, dibagi jadi dua kategori yakni putra dan putri. Kabupaten Gumas mengirimkan dua regu. Untuk kategori putra diikuti kontingen dari 13 kabupaten/kota dan kategori putri diikuti oleh kontingen dari 11 kabupaten/kota.

Selanjutnya, kontingen dari Kabupaten Gumas juga berhasil juara harapan satu lomba lawang sekepeng atau seni bela diri tradisional . Ada dua atlet yang bertanding yaitu Aja Lakmana dan Dian Kristy Denny.

“Kami tetap berbangga hati walaupun hanya juara harapan satu. Capaian itu akan menjadi semangat untuk terus lestarikan bela diri lawang sakepeng,” terangnya.

Dia menambahkan, lawang sakepeng merupakan seni bela diri tradisional Dayak yang kerap ditampilkan dalam acara dan pernikahan untuk menyambut tamu. Seni bela diri tersebut tidak hanya melibatkan gerakan fisik yang lincah, tetapi juga mengandung makna spiritual dan simbolis yang dalam.

“Lomba seni bela diri lawang sakepeng memerlukan keterampilan dan fisik sehat, hingga ketangkasan dalam mengolah seni bela diri,” pungkasnya. (ahs)