Latih Personel dalam Penanganan Unjuk Rasa Jelang Pilkada

Kapolres Gumas AKBP Theodorus Priyo Santosa ketika memberikan arahan kepada ratusan personel yang mengikuti pelatihan tahapan penanganan pengamanan penyampaian pendapat di muka umum, dalam pengamanan pilkada tahun 2024, di aula patria tama, Jumat (7/6/2024).

, – Kepolisian Resor () melaksanakan pelatihan tahapan penanganan pengamanan penyampaian pendapat di muka umum, dalam rangka pengamanan tahun 2024.

“Kami melaksanakan pelatihan ini untuk tingkatkan kemampuan dan pengetahuan personel, dalam hal menangani penyampaian pendapat atau dimuka umum saat pilkada,” ujar Kapolres Gumas AKBP Theodorus Priyo Santosa, Jumat (7/6/2024).

Di samping itu, pelatihan tersebut juga sebagai bentuk upaya persuasif yang dilakukan saat terjadi unjuk rasa, selama tahapan kampanye dan pemungutan suara pada pilkada tahun 2024.

“Kami minta seluruh personel polres bisa lebih siap dalam menghadapi adanya potensi unjuk rasa yang akan terjadi selama pilkada tahun 2024,” jelasnya.

Adapun materi pelatihan itu terdiri dari pengertian dan jenis penyampaian pendapat dimuka umum, tahapan penanganan penyampaian pendapat dimuka umum, teknik komunikasi dan negosiasi dengan massa, penggunaan kekuatan secara proporsional dan profesional, serta dokumentasi hingga pelaporan kegiatan.

“Materi pelatihan disampaikan oleh Kasat Samapta Iptu A. Agung Gede Raka Sumiartha,” terangnya.

Dia juga meminta kepada seluruh personel polres untuk dapat bertindak profesional dan proporsional, dalam menangani unjuk rasa, sehingga kamtibmas tetap terjaga. (ahs)