Lulusan SMK di Gunung Mas Banyak Menganggur

Kepala Disdikpora Kabupaten Gumas, Aprianto

, – Saat ini, ada banyak peserta didik lulusan dari di Kabupaten yang tidak bekerja atau menganggur, setelah pengumuman kelulusan. Salah satunya di SMK Negeri 1 Kurun.

“Lulusan SMK menganggur karena ketidaksesuaian jurusan sekolah dengan kebutuhan tenaga kerja,” ujar Kepala Disdikpora Kabupaten Gumas, , Minggu (4/8/2024).

Dia menuturkan, fenomena tersebut harus menjadi perhatian serius dari , agar lulusan SMK khususnya di Kabupaten Gumas dapat mengisi kebutuhan tenaga kerja di daerah.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memulai program vokasi atau program tinggi, yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga sesuai keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global,” tuturnya.

Dengan program vokasi itu, maka para peserta didik SMK dapat memiliki keterampilan dan keahlian yang siap pakai dan siap kerja, sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

“Program vokasi juga membuat peserta didik SMK dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” jelasnya.

Kepada guru SMK, harus sungguh-sungguh dalam menjalankan tanggung jawabnya, sehingga ilmu yang diberikan kepada peserta didik akan lebih optimal. Ketika lulus, mereka akan menjadi SDM berkualitas dan dibutuhkan di pasat tenaga kerja.

“Untuk semua peserta didik SMK, harus mengikuti di sekolah dengan baik, sehingga bisa menyerap ilmu pengetahuan yang diberikan guru. Tingkatkan semangat membaca agar pengetahuan bertambah,” pungkasnya. (ahs)