Diskominfo Santik Gelar Pelatihan Penggunaan TTE

, – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Kabupaten melaksanakan pelatihan penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE), untuk seluruh di pemkab setempat, pada 5-9 Agustus 2024.

“Pelatihan TTE ini untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat transformasi digital yang berdasarkan SPBE, yang mendukung kerja organisasi cepat dan maksimal,” ujar Kepala Diskominfo Santik Kabupaten Gumas Ruby Haris, Kamis (8/8/2024).

Pelatihan ini agar setiap perangkat daerah dapat membuat TTE masing-masing, serta membuat atau menciptakan TTE untuk pegawai masing-masing, sehingga mengurangi tugas dari diskominfo santik dalam melakukan pembuatan TTE.

“Pada tahun ini, TTE sudah mulai digunakan di lingkup pemkab. Diharapkan seluruh dapat memiliki TTE, untuk menunjang aktivitas dan pekerjaan” terangnya.

Terpisah, Manggala Informatika Ahli Muda Agus Susilo Vedy mengatakan, pelatihan TTE merupakan tindak lanjut dari sosialisasi yang sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Pelatihan ini agar penggunaan TTE bisa digunakan pegawai di lingkup pemkab secara bertahap dan akan ditingkatkan terus penertiban TTE,” jelasnya.

Dia menambahkan, TTE menjadi salah satu bentuk inovasi terkini, yang memberi banyak keuntungan khususnya instansi . Keuntungan itu dari segi keamanan, yakni tidak bisa dipalsukan dan keaslian diketahui dengan mudah. Pemakaiannya juga dapat digunakan dari mana saja dan kapan saja.

“TTE memberikan kemudahan dalam mengecek keaslian tanda tangan, dokumen yang disimpan dalam bentuk digital yang praktis, pembuatan dokumen jadi lebih praktis, dan TTE dapat menghemat ,” tukasnya. (ahs)