Persiapkan Pengamanan Pilkada, Polres Gelar Latihan Sispamkota

Personel Polres Gumas saat melakukan latihan gabungan sispamkota dalam pengamanan pilkada tahun 2024, di halaman kantor KPU setempat, Rabu (14/8/2024).

, menggelar latihan gabungan dengan , dalam sistem pengamanan kota (sispamkota) di kantor KPU setempat. Ini dalam rangka persiapkan pengamanan pilkada serentak 2024.

“Latihan sispamkota menjadi salah satu bagian penting mengantisipasi gangguan kamtibmas, dan memantapkan kesiapan personel polres untuk mengamankan tahapan pilkada serentak,” ujar Kapolres Gumas AKBP Theodorus Priyo Santosa, Kamis, 15 Agustus 2024.

Dia mengatakan, latihan itu mencakup simulasi dari berbagai skenario yang mungkin saja terjadi, mulai dari penanganan kerusuhan dan pengamanan lokasi TPS. Personel juga dilatih untuk merespon situasi darurat dengan cepat dan efektif, serta memastikan setiap warga menggunakan hak pilih dengan aman.

“Kami ingin seluruh personel polres berkomitmen menjaga kamtibmas selama pilkada serentak. Keamanan merupakan tanggung jawab bersama,” terangnya.

Dia menuturkan, dalam menjaga keamanan selama tahapan pilkada, pentingnya sinergi dan sinkronisasi antara anggota , TNI, instansi terkait, sehingga dapat meminimalisir potensi terjadinya kericuhan.

“Dengan persiapan yang matang, kami berharap setiap tahapan pilkada dapat berlangsung aman dan damai, serta mencerminkan proses demokrasi yang sehat,” tuturnya.

Latihan ini merupakan contoh nyata kolaborasi antara institusi keamanan yang bertujuan dalam menciptakan kondusif untuk seluruh masyarakat dalam menjalankan hak . Itu harus didukung untuk menciptakan pilkada yang aman dan berintegritas.

“Latihan ini bukan hanya ketika dalam pelaksanaan pengamanan pilkada saja, tetapi juga telah menjadi kebiasaan atau rutinitas personel Polri, untuk selalu dalam kondisi siaga dan terlatih,” tukasnya. (ahs)