55 Anggota Paskibraka Gunung Mas Dikukuhkan

BALANGANEWS, KUALA KURUN – 55 anggota Kabupaten dikukuhkan. Mereka akan bertugas dalam upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih, dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024.

“Anggota paskibraka yang dikukuhkan ini adalah putra-putri terbaik daerah, yang dipercaya akan mengibarkan duplikat bendera pusaka merah putih,” ujar , Herson B Aden, Kamis (15/8/2024).

Dia mengatakan, seluruh anggota paskibraka sudah melalui rangkaian dan pelatihan dengan penuh integritas, loyalitas, dan pengabdian tinggi terutama untuk Pancasila dan UUD 1945.

“Kami juga menaruh harapan di pundak mereka, yang nanti akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan, khususnya di Kabupaten Gumas,” terangnya.

Dia berharap kepada seluruh anggota paskibraka Kabupaten Gumas untuk selalu menjaga , sehingga pada saatnya nanti bisa menjalankan tugas dengan baik.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangol Kabupaten Gumas Sugiarto mengakui, 55 anggota paskibraka terdiri dari 31 laki-laki dan 24 perempuan. Mereka menjalani pendidikan dan pelatihan selama 14 hari, yakni 5-18 Agustus.

“Pemusatan pendidikan dan pelatihan yang dijalani itu dalam rangka membentuk mental dan sikap kepemimpinan, serta membangun jiwa solidaritas,” jelasnya.

Dia menambahkan, 55 anggota paskibraka berasal dari  27 orang, satu orang, SMA Katolik Santo Arnoldus Janssen Kuala Kurun empat orang, SMAN 1 12 orang, SMAN 1 Kahayan Hulu Utara dua orang, SMAN 1 Sepang satu orang, SMAN 1 Mihing Raya dua orang, SMAN 1 Rungan lima orang, dan SMAN 1 Manuhing satu orang.

“Saya minta setiap anggota paskibraka harus serius, menyiapkan mental, fisik serta kesehatan selama pemusatan pendidikan dan pelatihan,” pungkasnya. (ahs)