Desa Tumbang Miwan Terpilih Menjadi Desa Cantik

Kepala BPS Kabupaten Gumas Mulya Setiawan didampingi Camat Kurun Iltem, Kades Tumbang Miwan Setiawan Krisbiantoro, dan pihak terkait, berfoto bersama usai pencanangan desa cantik, Selasa (17/9/2024).

, , , Kabupaten terpilih dan dicanangkan sebagai desa cinta statistik (Cantik) tahun 2024, oleh Badan Pusat Statistik () setempat.

“Pencanangan desa cantik untuk meningkatkan kepada perangkat desa dan masyarakat mengenai statistik,” ujar Kepala BPS Kabupaten Gumas Mulya Setiawan, Kamis (19/9/2024).

Dia mengatakan, keberadaan desa cantik itu juga untuk melakukan standarisasi data statistik di desa hingga melakukan optimalisasi, pemanfaatan serta pengelolaan data statistik, yang diperlukan oleh pemerintah daerah.

“Kami berkewajiban moral untuk meningkatkan kemampuan atau kapabilitas perangkat desa dan masyarakat, baik itu kemampuan interpersonal atau soft skill dan kemampuan yang dipelajari melalui latihan atau hard skill,” terangnya.

Saat ini, BPS juga telah berkoordinasi dengan seluruh terkait hingga pemerintah desa, dalam rangka memverifikasi data statistik serta permasalahan apa yang dihadapi.

“Sebelumnya kami juga sudah menetapkan Desa Hurung Bunut sebagai desa cantik tahun 2023 dan Kelurahan Kuala Kurun pada tahun 2022,” jelasnya.

Terpisah, Camat Kurun Iltem mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak BPS karena sudah menetapkan dan memilih Desa Tumbang Miwan sebagai desa cantik tahun 2024.

“Dengan penetapan itu, saya minta kepada kades untuk bekerjasama dan kolaborasi dengan BPS dan seluruh pihak terkait,” pungkasnya. (ahs)