Polres Gunung Mas Libatkan Ratusan Personel dalam Pengamanan Paskah

540
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra saat memimpin apel kesiapan personel dalam rangka pengamanan rangkaian kegiatan paskah tahun 2023, Kamis (6/4/2023)

, KUALA KURUN – Dalam rangka kesiapan pengamanan rangkaian kegiatan paskah tahun 2023, Kepolisian Resor (Polres) () melaksanakan apel gelar personel. Apel dipimpin langsung Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra.

”Untuk , kami akan melibatkan 2/3 kekuatan atau sekitar 200 personel, termasuk di seluruh jajaran,” ujar Asep, Kamis (6/4/2023) sore.

Dia mengatakan, bentuk pengamanan yang dilakukan berupa patroli rutin, serta menempatkan personel di tempat ibadah yakni gereja, dan lokasi keramaian atau berkumpulnya umat nasrani dalam merayakan paskah, seperti pemakaman.

”Kami juga akan melakukan pengamanan rangkaian kegiatan umat nasrani seperti ibadah jumat agung di gereja, malam paskah di pemakaman, dan ibadah minggu kenaikan Isa almasih di gereja,” tuturnya.

Dia mengakui, sudah menjadi tanggungjawab kepolisian dalam rangka menjaga Kamtibmas saat pelaksanaan maupun perayaan paskah. Apalagi momentumnya bersamaan dengan ramadan bagi seluruh umat muslim. Tentu bersinergi juga dengan pemerintah daerah, unsur terkait, dan beberapa elemen masyarakat maupun tokoh agama.

”Kami berharap kegiatan paskah berjalan dengan lancar dan aman, tanpa adanya hambatan maupun suatu gangguan dari pihak yang ingin merusak suasana dan keharmonisan serta kerukunan masyarakat,” harapnya.

Dia berpesan kepada seluruh personel yang melakukan tugas pengamanan, agar melakukan deteksi dini maupun deteksi aksi, penyelidikan dan pemetaan lokasi atau tempat yang dianggap rawan ancaman dan gangguan dalam pengamanan rangkaian paskah.

”Setiap personel juga harus menghindari tindakan kontra produktif yang dapat menurunkan hingga merusak martabat diri, , dan institusi , serta laksanakan tugas pengamanan dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” tukasnya. (ahs)