GOW Gumas Beri Pengobatan Gratis dan PMT untuk Balita

WhatsApp Image 2023 05 10 at 11.00.37 AM
Wakil Bupati Gumas yang juga Ketua GOW Efrensia LP Umbing, didampingi Ketua TP-PKK Mimie Mariatie Jaya S Monong, dan Sekretaris Dinkes yang juga ketua panitia Rina Sari, ketika memberikan makanan tambahan untuk balita, pada kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Kartini ke-144 tahun 2023, di Posyandu Desa Tumbang Pajangei, Kecamatan Tewah, Rabu (10/5/2023)

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Dalam memperingati ke-144 tahun 2023, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten melakukan bakti berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk masyarakat umum dan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita dengan gangguan gizi, di Desa Tumbang Pajangei, Kecamatan .

“Bakti sosial tersebut untuk membantu masyarakat mengalami sakit dan gejala sakit dalam mendapat pelayanan pemeriksaan dan pengobatan dari dokter langsung, serta PMT untuk balita dengan gangguan gizi,” ujar Wakil Bupati yang juga Ketua GOW Kabupaten Gumas Efrensia LP Umbing, Rabu (10/5/2023).

Dia menuturkan, bakti sosial seperti ini tidak akan berhenti sampai di sini saja tapi akan terus berlanjut, dan diharapkan dapat bersinergi dan bekerjasama dengan organisasi wanita lain maupun pihak terkait untuk melakukan hal serupa yang langsung menyentuh kepada masyarakat.

“Kami mengajak semua pihak khususnya organisasi wanita maupun organisasi kemasyarakatan lainnya, agar berperan aktif menjadi contoh penerapan budaya hidup bersih dan sehat di masing-masing,” terangnya.

Dia mengakui, bakti sosial ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam percepatan penurunan melalui intervensi pemberian PMT, dengan tujuan untuk meningkatkan status gizi anak dan mencukupi kebutuhan gizi anak, sehingga akan tercapai status dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Sekretaris Dinas Rina Sari menambahkan, bakti sosial bertujuan untuk membantu masyarakat mendapat pemeriksaan dan pengobatan gratis dari dokter dan meringankan beban pasien, serta pemberian bantuan PMT untuk balita dengan gangguan gizi dalam mendukung program pemerintah yakni percepatan penurunan stunting.

“Pelaksanaan bakti sosial berupa pengobatan gratis dilayani oleh dokter dan dinas kesehatan, yakni dr Rina Sari dan dr Ikke Rosela. Sedangkan PMT untuk balita dengan gangguan gizi sebanyak 30 orang/paket,” tandasnya. (ahs)