Kades Bersikeras Tolak Cabut Keputusan Mutasi Jabatan Sekdes

WhatsApp Image 2023 05 17 at 3.12.27 PM
Mantan Sekretaris Desa Batu Nyapau, Jon Prinedi

, – Penyelesaian masalah penolakan mutasi jabatan oleh perangkat desa di Desa Batu Nyapau, Kecamatan , masih belum menemui titik terang. Baru-baru ini, dilakukan mediasi antara kedua belah pihak yaitu oknum perangkat desa Jon Prinedi dengan Kepala Desa (Kades) Batu Nyapau Suriansyah, di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gumas.

”Dari mediasi itu, kades bersikeras dengan keputusannya terkait mutasi jabatan yang dilakukan. Yang bersangkutan menolak mencabut keputusan itu. Alasannya, karena malu dengan warga desa jika keputusannya dicabut,” kata Jon Prinedi, Rabu (17/5/2023).

Dengan sikap kades yang tetap bersikeras, dia juga menegaskan akan tetap pada keputusannya yakni menolak dan tidak menerima mutasi jabatan yang dilakukan kades, karena menurutnya keputusan tersebut bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

”Saya menolak bukan berarti tidak mau dimutasi. Tetapi seharusnya mutasi harus dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. Jangan berdasarkan pemahaman pribadi atau atas dasar suka dan tidak suka,” tuturnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Kades Batu Nyapau Nomor 02 Tahun 2023 tanggal 17 Januari 2023 tentang Pengangkatan Sekretaris Desa Batu Nyapau, , Jon Prinedi yang sebelumnya menjabat Sekretaris Desa dimutasi menjadi Kasi Pemerintahan. Posisinya digantikan oleh .

”Mutasi jabatan ini berpotensi akan menimbulkan konflik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, serta pencairan alokasi (ADD) dan dana desa () tahap pertama dan seterusnya juga akan terhambat,” ujarnya.

Dia mengatakan, keputusan sepihak yang dibuat oleh kades menguntungkan diri pribadi, orang lain dan kelompok tertentu. Seharusnya mutasi jabatan perangkat desa harus memperhatikan penilaian dari kinerja minimal satu tahun , melakukan rapat internal dengan menyurati perangkat desa, menyurati camat untuk mendapat surat rekomendasi, dan kades membuat surat keputusan pengangkatan perangkat desa.

”Namun sejak dilantik 7 Oktober 2022, kades tidak pernah memusyawarahkan terkait Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa Batu Nyapau, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Desa Nomor 3 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Perdes Nomor 1 Tahun 2017,” tandasnya. (ahs)