Akhirnya Kabupaten Kapuas Kembali Meraih Adipura

Sekda Kapuas (tengah) menerima piala adipura di Jakarta

BALANGANEWS, – Menjelang hari jadi Kabupaten dan kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas meraih untuk Kota Kuala Kapuas, Piala Adipura diterima secara simbolis mewakili Pj Bupati yakni, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas di Jakarta.

Dengan meraih adipura tersebut penjabat (Pj) , mengucapkan rasa syukur dan apresiasinya kepada semua pihak termasuk masyarakat yang telah bekerja keras dan berperan serta dengan kebersamaan untuk melihat bagaimana kota ini menjadi bersih.

“Bagaimana pengelolaan dan lainnya yang terkait dengan Adipura yang bisa dicapai. Ini juga merupakan sebuah keberhasilan dari masyarakat Kabupaten Kapuas, saya harapkan ini harus kita pertahankan kedepannya dan bergerak untuk terus mempertahankannya,” katanya, Rabu (6/3/2024).

Lanjutnya, bahwa Ini pun harus tetap menjadi program Pemda Kapuas dan masyarakat Kapuas kedepan, sehingga nantinya untuk persyaratan mendapatkan adipura ini bisa kita tingkatkan.

“Sekali lagi, ini merupakan kerja kita bersama mulai dari masyarakat bersama dengan , sehingga nanti kita bisa mencapai Kabupaten Kapuas yang bersih, indah, maju, dan sejahtera,” tuturnya.

Sementara itu dimana program adipura adalah salah satu program yang dirancang oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu pemerintah daerah baik kota, kabupaten, maupun provinsi untuk meningkatkan kemampuan dalam hal pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya dalam rangka mencapai Tata Praja Lingkungan.

Adipura dilaksanakan setiap tahun sejak 1986. Namun, sempat terhenti di awal era reformasi yaitu 1998. Program adipura kembali dicanangkan 5 Juni 2002 sampai dengan sekarang.(put)