Puluhan Panwascam Kapuas Dilantik

Para Panwascam mengikuti pelantikan

, KUALA Badan Pengawas (Banwaslu) Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan pengambilan sumpah kepada puluhan anggota pengawas pemilu (Panwas) kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Pelantikan puluhan Panwascam tersebut untuk persiapan dalam rangka pemilihan kepala daerah () dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah () dan Bupati serta wakil pada tahun 2024.

Hal itu diungkap oleh Ketua Kabupaten Kapuas Iswahyudi Wibowo, menekankan agar seluruh Panwas kecamatan yang terdiri dari tiga orang tiap kecamatan bisa melaksanakan serta mengemban tugas-tugasnya dengan baik dan dengan penuh tanggungjawab.

“Ada tiga orang setiap kecamatan yang melaksanakan tugas-tugas dan tanggungjawab sebagai fungsi tugasnya yaitu pengawasan, dengan itu dilakukan pelantikan,” ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (25/5/2024).

Dirinya juga menjelaskan dimana sebanyak 51 orang anggota Panwas Kecamatan ini telah mengikuti dan melalui dua tahapan yaitu melalui perekrutan dari anggota Panwas kecamatan pada Pemilu Legislatif dan Pilpres yang lalu.

“Ada prosesnya yang diikuti para 51 orang ini dan setelah dievaluasi hanya bisa dipertahankan sebanyak 30 orang sehingga untuk 21 orang sebagai pengganti dilakukan melalui assessing dari umum,” terangnya.

Sementara itu Panwascam tersebut akan segera kembali ke daerah masing-masing untuk sesegera mungkin melaksanakan tugas karena mengingat tahapan Pemilukada ini telah berjalan.(Put)