Pimpin Apel Upacara Hari Pancasila, Ini yang Disampaikan Kapolres Kapuas

, – Jajaran menggelar Upacara Peringatan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2024, yang dipimpin langsung oleh AKBP Gede Pasek Muliadnyana dan diikuti pejabat utama (PJU) dan personel .

Upacara apel yang dilaksanakan di halaman apel kantor Polres Kapuas tersebut, dengan tema “Pancasila jiwa bersatu bangga menuju Indonesia emas 2045”.

Kapolres Kapuas AKBP Gede Pasek Muliadnyana, dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan ldeologi Pancasila Republik Indonesia, yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa.

“Yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” terangnya. Sabtu (1/6/2024).

Lanjutnya, bahwa Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas “Bhinneka Tunggal lka'”. sehingga di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila.

“Di dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat Republik Indonesia,” pungkasnya.

Selain itu juga anggota harus menghayati Pancasila serta menganggukan kepala masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat. (Put)