Menjaga Keamanan, Pegawai Rutan Kapuas Gelar Inspeksi Teralis Ruangan Blok

Para pegawai Rutan saat mengecek teralis blok tahanan

, KUALA – Upaya menjaga keamanan dan kenyamanan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), rumah tahanan (Rutan) kelas IIB melakukan inspeksi teralis di kamar hunian.

Inspeksi tersebut dilakukan secara rutin oleh pihak pegawai guna memastikan bahwa teralis di setiap kamar hunian masih dalam kondisi yang baik dan mampu mencegah pelarian.

Selain itu, pihak rutan juga memperhatikan keadaan ruangan agar tetap bersih dan nyaman bagi para WBP. Tak hanya itu, pihak Rutan Kapuas juga memberikan pendekatan humanis kepada para WBP.

“Kami juga berusaha memahami kondisi dan kebutuhan para tahanan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik antara pihak rutan dan WBP. Hal ini diharapkan dapat membantu dalam proses rehabilitasi dan resosialisasi para WBP,” ucap Kepala Rutan Kapuas, David Anderson S, Senin (2/9/2024).

Lanjutnya pendekatan humanis terhadap para WBP merupakan bagian dari upaya untuk memberikan perlakuan yang lebih manusiawi kepada tahanan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan perlakuan yang adil dan manusiawi kepada para WBP, sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban di dalam rutan,” ujarnya.

Dengan dilakukannya inspeksi teralis kamar dan pendekatan humanis tersebut, diharapkan para WBP di Rutan Kapuas dapat merasa lebih aman dan nyaman selama menjalani masa hukumannya. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan pembinaan kepada para WBP di dalam Rutan.(put)