Gebyar UMKM Wilayah Tengah Digelar di Kapuas yang Dibuka Langsung Gubernur Kalteng

Gubernur Kalteng bersama Wagub, Pj Bupati Kapuas usai menyerahkan bantuan produktif UMKM

, KUALA – Pelaksanaan acara Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk wilayah tengah dilaksanakan di kabupaten Kapuas yang dibuka langsung oleh gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan Gebyar UMKM yang digelar di kawasan Stadion Panunjung Tarung Kapuas, tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubenur Edy Pratowo, kepala organisasi (OPD) Provinsi Kalteng, Pj , kapuas, OPD Kapuas dan tamu undangan lainnya.

Dalam pembukaan Gebyar UMKM Wilayah Tengah yang mengusung tema “Mari Kita Tingkatkan Kualitas Produk Usaha Mikro dan Kecil Guna Menghadapi Daya Saing Pasar Bebas”. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bahwa Gebyar UMKM ini merupakan salah satu langkah Kalteng untuk mendukung pengembangan UMKM agar mampu naik kelas dan berdaya saing.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk unggulan dan sekaligus membuka dan memperluas kemitraan jaringan untuk UMKM di kalteng ini,” ucapnya dalam sambutan.

Dirinya menambahkan dengan gebyar UMKM yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, dapat menjadi pijakan bagi yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah, yang harus didukung penuh oleh pemerintah.

“Dengan gebyar ini dapat menjadi pijakan untuk UMKM dalam berkreatif dan inovatif, agar bisa meluaskan jangkauan usaha, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.

Dilanjutkannya, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian daerah, yang berperan penting dalam menyerap tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu acar pembukaan Gebyar UMKM di Kabupaten Kapuas tesebut, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan produktif UMKM untuk 15 ribu Pelaku Usaha senilai 600 ribu rupiah per Pelaku Usaha. (put)