Pastikan Penyembelihan Hewan Sesuai Syariat Islam, MES Kapuas Pelatihan Juru Juleha

Pj Bupati Kapuas bersama para peserta dan pembinas MES Kalteng Kabupaten Kapuas saat foto bersama

BALANGANEWS, KUALA – Agar pelaksanaan penyembelihan hewan memenuhi syariat islam dan standar protokol , Pengurus Daerah Masyarakat Syariah (MES) Kabupaten Kapuas menggelar Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha).

Dimana kegiatan yang dilaksanakan di Huma Betang, Jalan RA Kartini Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas, Minggu (29/9/2024), dibuka langsung oleh penjabat (Pj) Bupati Kapuas Darliansjah dan dihadiri Pembina Juleha Tuaini Ismail.

Darliansjah dalam sambutannya akan terus mendukung kegiatan pelatihan semacam ini sebagai bagian meningkatkan dari komitmen untuk kesejahteraan masyarakat melalui dan sertifikasi halal.

“Ini adalah pertama kalinya pelatihan Juleha yang dilaksanakan di Kuala Kapuas. Melalui kegiatan ini, peserta dapat lebih mengenal jauh tentang apa dan bagaimana cara menyembelih yang sesuai dengan makanan atau daging hewan yang di konsumsi nantinya,” katanya.

Dirinya pun mengharapkan kepada para peserta pelatihan agar terus tingkatkan kualitas tenaga ahli halal, termasuk juru sembelih yang kompeten dan berstandar halal sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pasar halal yang semakin berkembang.

Sementara itu, kegiatan yang diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari kecamatan pasang surut di Kabupaten Kapuas, juga dihadiri oleh Ketua Juleha Kalteng Nanang Fahrurrazi, Kepala H Hamidhan, Ketua Salman dan jajaran pengurus MES Kabupaten Kapuas. (put)