Selama September Terjadi Karhutla di Kapuas

Para tim dari BPBD saat memadamkan api karhutla

, Kebakaran hutan dan lahan () pada bulan September 2024 terjadi di Kabupaten , yaitu dibeberapa titik walau kejadian karhutla tidak terlalu besar.

Hal tersebut terlihat dalam rilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Kabupaten Kapuas, dimana karhutla terjadi di Jalan Pemuda Handil Pemurus, dengan lahan yang terbakar seluar 0,2 Hektar.

“Dilokasi yang sama juga Jalan Pemuda Hadil Pemurus terjadi pada tanggal 20 September 2024 karhutla dengan luasan lahan yang terbakar seluar 0,6 Hektar, kalau sebelumnya pada tanggal 19 September 2024,” ucap plt pelaksana tugas Saribi, Rabu (9/10/2024).

Karhutla kembali terjadi di Desa lunuk Ramba Kecamatan pada tanggal 21 september 2024, dengan luasan lahan yang terbakar 0,5 hektar, dimana api berhasil diatasi oleh tim dari BPBD yang dibantu oleh pihak kepolisian,

“Di tanggal 22 September 2024 juga ada karhutla di Handil Ulis, dengan luasan lahan yang terbakar yaitu 0,1 Hektar, dan dari data terakhir karhutla di Desa Panarung Kecamatan Basarang ini yang terluas dalam karhutla dari Update terbaru kami yaitu 3,5 Hektar,” pungkasnya.

Sementara itu dengan adanya karhutla yang masih terjadi walau tidak cukup besar namun pihaknya akan terus memberikan kepada masyarakat, agar selalu menjaga lahan sekitar demi mencegah terjadinya karhutla. (put)