P2U Rutan Perketat Penjagaan dan Geledah Barang Bawaan

Petugas P2U Rutan Kapuas sedang melakukan penggeledahan badan

, KUALA – Tidak hanya menyasar para pengunjung, Petugas Pintu Utama (P2U) Rumah Tahanan (Rutan) juga melakukan penggeledahan kepada para petugas yang bertugas dan juga pegawai yang ada di Rutan tersebut.

Dimana langkah tersebut diambil untuk memperkuat pengawasan dan mencegah masuknya barang-barang terlarang serta mencegah adanya gangguan kamtibmas di dalam wilayah rutan kelas IIB .

Kepala Kesatuan Pengamanan () Murtono mengatakan bahwa penggeledahan kepada petugas merupakan bagian dari upaya untuk menjaga integritas dan profesionalitas dalam tugas.

“Kami tidak ingin ada celah yang dimanfaatkan untuk penyelundupan barang terlarang. Oleh karena itu, selain menggeledah pengunjung, kami juga melakukan penggeledahan terhadap petugas yang keluar masuk rutan,” katanya, Rabu (9/10/2024).

Tidak hanya itu dengan razia ini, petugas rutan diperiksa secara menyeluruh, mulai dari barang bawaan hingga pakaian yang dikenakan. Tidak ditemukan barang terlarang dalam razia kali ini, namun pihak rutan menegaskan akan terus melakukan pengawasan ketat

“Yang mana dalam razia ini merupakan bagian dari program rutin yang dilakukan oleh Rutan Kapuas dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Rutan. Penjagaan di P2U diperketat, dan seluruh pihak, baik pengunjung maupun petugas, diwajibkan mematuhi aturan yang berlaku,” jelasnya. (put)