Uji Kompetensi Tekon Kapuas Dilaksanakan 13-18 Desember 2021

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas, Aswan saat menyampaikan tanggal uji kompetisi para Tekon
Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas, Aswan saat menyampaikan tanggal uji kompetisi para Tekon

BALANGANEWS, – Pemerintah Kabupaten memastikan bahwa pada Desember tahun 2021 ini, akan melaksanakan kegiatan uji kompetensi kepada semua tenaga kontrak (Tekon) yang ada Kota Air ini.

Adapun pelaksanaan Uji Kompetensi Tekon Tahun 2021 di Pemerintah Kabupaten Kapuas akan dilaksanakan pada tanggal 13-18 Desember 2021, bertempat di Aula Kantor , Jalan Pemuda km 5,5, Kabupaten Kapuas.

Kegiatan itu sesuai dengan Surat edaran (SE) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Nomor 800/422/P3I/BKPSDM/2021 tentang jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Tenaga Kontrak Tahun 2021.

Dalam surat tersebut, disampaikan bahwa ujian nantinya akan dilaksanakan menggunakan smartphone, yang dibawa atau disediakan sendiri oleh masing-masing peserta, dan memiliki browser yang sudah update terbaru serta mempunyai atau menginstal pemindai QR Code.

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas, Aswan mengatakan, kegiatan Uji Kompetensi untuk Tekon, merupakan proses penilaian (Assesment) baik teknis maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relevan, untuk menentukan apakah seseorang telah kompeten atau belum pada pekerjaan tertentu.

“Tujuan dari pelaksanaan uji kompetensi ini adalah untuk menilai potensi dan kemampuan dasar pegawai/tenaga kontrak nantinya, dimana unsur yang diukur adalah kompetensi individu yang terdiri atas unsur kemampuan, keterampilan dan kepribadian,” ucapnya, Senin (13/12/2021).

Lanjutnya, dari hasil penilaian uji kompetensi ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi setiap Kepala , dalam mengelola kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkungan kerja masing-masing.

“Untuk jumlah soal, terdapat 50 butir yang merupakan kombinasi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi dengan waktu atau durasi pengerjaan selama 60 menit,” jelasnya. (put)