Bupati Kapuas dan Ary Egahni Siapkan Posko Jemaah Haul Guru Sekumpul

Suasana posko jemaahj haul Guru Sekumpul yang diprakarsai oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat yang berada di Jalan Trans Kalimantan Sungai Baras (Samping Indomaret) Kuala Kapuas, Kamis (27/02/2020)

, KUALA -Banyaknya masyarakat dari berbagai daerah di yang akan menghadiri haul akbar ke-15 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau lebih dikenal dengan Guru Sekumpul, mendapat perhatian serius Bupati Kapuas S Bahat dan Ary Egahni Ben Bahat.

Bahkan orang nomor satu di itu bersama istrinya yang juga anggota DPR RI dapil Kalteng, memprakarsai pendirikan posko pelayanan.

Posko yang memanfaatkan sebuah rumah toko (ruko) tersebut ditempatkan di ruas Trans Kalimantan, tepatya di Sungai Baras.

“Di posko ini nantinya para jemaah dipersilakan singgah, baik untuk sekadar beristirahat maupun salat, termasuk makan dan minum. Karena di posko juga kita siapkan msuala serta makanan dan minuman secara gratis,” kata Ben Brahim, Kamis (27/2/2020).

Bupati Kapuas juga berpesan kepada para jemaah untuk berhati-hati selama perjalanan dan mendoakan selamat sampai tujuan, baik berangkat hingga pulangnya nanti ke rumah masing-masing.

Selain itu, imbuh Ben, Pemerintah Kabupaten Kapuas juga menyiapkan fasilitas bagi masyarakat setempat yang ingin pergi mengikuti .

“Pemkab menyiapkan sebanyak lima buah armada berupa bus gratis guna antar-jemput para jemaah. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas tersebut dapat mendaftarkan dirinya di posko ini,” sebut Ben.

Sementara itu, salah seorang relawan bernama Ferry saat ditemui di posko tersebut Kamis (27/02/2020) menjelaskan, fasilitas yang disediakan posko sudah sangat mencukupi untuk para jamaah beristirahat seperti musala, toilet, parking area, coffe corner, tempat makan dan juga tempat istirahat.

“Kami dari para relawan menyediakan fasilitas untuk para jamaah beristirahat dan juga beribadah, kemudian tersedia juga makanan maupun minuman bagi para jamaah yang singgah serta tempat parkir yang memadai untuk para relawan,” terang Ferry.

Ia juga menjelaskan  diposko tersebut juga menyediakan tenaga medis dari Dinas kesehatan Kabupaten Kapuas dan juga dari Puskesmas Barimba . Ia juga menambahkan posko ini sudah dibuka mulai tanggal 26 Februari 2020 dan beroperasi selama 24 jam. (ari/hmskmf)