DPRD Minta Gubernur dan PT PLN Memindah Tiang Listrik di Baun Bango

Firdaus, ST
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Firdaus, ST

BALANGANEWS, KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Firdaus, ST meminta kepada Gubernur Kalimantan Tengah () dan sekaligus kepada (Pesero) cabang Kalteng untuk memindahkan puluhan tiang PLN yang sudah terpasang di sepanjang jalan Baun Bango Kabupaten Katingan selama ini.

Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Minggu pagi (4/6/2023).

Tiang-tiang PLN yang sudah terpasang tersebut, awalnya menurut Firdaus ditanam (ditempatkan) di dekat tepian Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan atau beberapa puluh meter dari jalan raya Baun Bango, kemudian diminta untuk dipindahkan ke sisi jalan Baun Bango. “Atau beberapa meter dari badan jalan Baun Bango,” kata Firdaus.

Alasannya menurutnya, agar petugas PT PLN rayon Kasongan tidak kesulitan dalam perbaikan pada saat terjadinya kerusakan, baik pada siang hari maupun pada malam hari.

Karena, lanjutnya, seperti yang kita ketahui bersama, ketika melewati jalur jalan Baun Bango tersebut, banyak rerumputan dan pepohonan di sisi jalan tersebut. Bahkan jarak antara badan jalan trans Kabupaten dengan tiang-tiang PLN yang ada saat ini cukup jauh. Sehingga ketika petugas PLN ingin melakukan perbaikan ataupun pemeliharaan, apa lagi perbaikannya pada malam hari tentu saja mengalami kesulitan. “Ini yang saya khawatirkan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, kata legislator Partai Amanat Nasional () ini, permintaan ini merupakan aspirasi yang telah disampaikan oleh masyarakat setempat baru-baru tadi, dengan alasan selain petugas kesulitan ketika ingin melakukan perbaikan dan pemeliharaan, masyarakat setempat juga mengalami kesulitan ketika melalui jalan umum tersebut, khususnya pada malam hari. Lantaran ketika melalui jalan tersebut terlihat gelap.

“Tapi, jika tiang PLN nya berada dekat dengan badan jalan Baun Bango, pihak Pemda pun bisa membantunya dengan memasangkan lampu-lampu penerang di beberapa tiang PLN tersebut,” terangnya.

Dan terkait dengan belum dipasangnya lampu-lampu sebagai alat penerangan di sepanjang jalan Baun Bango tersebut, menurutnya, terdapat beberapa warga  yang berlalulintas di jalan tersebut yang mengalami kecelakaan (laka), baik maupun laka tabrakan lainnya.

“Tapi, jika di sepanjang jalan tersebut diberi penerangan, insya Allah, dapat mengatasi laka dimaksud,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah , Kamipang, dan Katingan Kuala ini. (abu)