Kepada Korban Kebakaran di Pegatan Akan Diberikan Bantuan

Kepala Dinsos Katingan, Elmon Sianturi
Kepala Dinsos Katingan, Elmon Sianturi

, KASONGAN – Para korban musibah kebakaran di Kelurahan Pegatan Hilir Kecamatan Kuala Kabupaten Katingan baru-baru tadi, dalam waktu dekat ini akan diberikan bantuan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas () setempat.

Demikian yang dikatakan Kepala Dinsos Katingan, Elmon Sianturi kepada awak media, Rabu siang (14/6/2023), di ruang kerjanya.

Musibah kebakaran tersebut menurut Elmon termasuk salah satu katagori sosial. Sehingga, standar pemberian bantuan terhadap korbannya berdasarkan Standar Pelayanan Minimal  (SPM) atau dengan kata lain kedaruratan terhadap . “Kalau mengacu pada standar tersebut, maka bantuannya berupa terpal, beras, ikan sarden dan beberapa jenis makanan lainnya,” kata Elmon.

Di samping itu, ada bantuan lainnya yaitu berupa peralatan dapur, seperti piring, gelas, mangkok, sendok dan garpu, dan sejumlah peralatan dapur lainnya.

Karena, bantuan yang diberikan tersebut hanya untuk bantuan sementara saja, di samping ke depannya Pemkab setempat tetap memikirkan para korban tersebut untuk dilakukan evakuasi, jika mereka tidak ada lagi tempat berlindung. “Sedangkan budget-nya memang sudah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Katingan, yang dilaksanakan oleh Dinsos setempat,” terangnya.

Kendati saat ini semua material bantuannya sudah tersedia, namun untuk mengantarnya ke wilayah itu jarak tempuhnya cukup jauh dan harus menggunakan perahu (kelotok), yang jika dikalkulasi, biaya transportasinya lebih tinggi daripada jumlah nominal bantuannya, sehingga dalam waktu dekat ini Dinsos akan mengirimkan materialnya saja ke Pegatan tersebut. “Maksudnya semua bantuannya akan kami titipkan dengan taksi kelotok, dari Kereng Pakahi menuju Pegatan,” jelas mantan kepala Dinas PM dan PTSP ini.

Sebelumnya, terjadi musibah kebakaran pada Senin pagi (12/6/2023) yang lalu di Kelurahan Pegatan Hilir Kecamatan yang menghanguskan 11 unit rumah penduduk setempat. (abu)