Bantuan Korban Kebakaran Baiknya Diserahkan Kepala Dinsos

WhatsApp Image 2023 06 16 at 1.55.35 PM
Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Budi Hermanto

BALANGANEWS, – Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas (Dinsos) setempat akan menyerahkan bantuan kepada para korban di Kelurahan Pegatan Hilir Kecamatan , berupa beras dan sejumlah bahan kebutuhan pokok lainnya.

WhatsApp Image 2023 06 16 at 9.06.04 AM

Dalam penyerahan tersebut sebaiknya kepala Dinas Sosial (Dinsos) langsung yang menyerahkannya kepada para korban kebakaran tersebut. Demikian saran dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () , Budi Hermanto kepada sejumlah awak media, Jum’at pagi (16/6/2023), di ruang loby DPRD setempat.

Bahkan menurut Budi, jika perlu ada pejabat lainnya yang ikut dalam rombongan tersebut, misalnya kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sebab, untuk memberikan bantuan kepada mereka, bukan dalam bentuk barang (material) saja. “Tapi, juga perlu bantuan untuk memberikan semangat bagi mereka,” kata Budi.

Sedangkan terkait besar atau kecilnya bantuan berupa barang menurut legislator Partai ini, sebenarnya bukan menjadi tolok ukur bagi mereka. Misalnya, jika bantuan yang akan diserahkan tersebut, hanya bernilai 10 juta, sementara biaya perjalanannya (transportasinya) lebih dari 10 juta, hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. “Yang penting kita ke sana, bukan hanya sekadar menyerahkan bantuan itu saja, tapi juga ikut berbagi duka lantaran musibah kebakaran tersebut dengan korban kebakaran, sekaligus juga memberikan semangat kepada para korban,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan media, kalau anggota DPRD menurutnya, secara khusus untuk membantu kepada para korban kebakaran tersebut tidak pernah dianggarkan melalui APBD Kabupaten Katingan. “Tapi, secara pribadi, masing-masing anggota DPRD tetap ada,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Kuala, , Kamipang dan Tasik Payawan ini, seraya berjanji bahwa dirinya dalam waktu dekat ini akan membantu para korban musibah kebakaran tersebut. (abu)