Perlu Perhatian DLH, Sampah Bertumpuk di Bahu Jalan Baun Bango

hanafi
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, H Hanafi

, KASONGAN – Sampah bertumpuk di bahu jalan Baun Bango, yang lokasinya masih termasuk di Desa Hampalit Kecamatan , perlu menjadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) .

Demikian yang dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, H Hanafi kepada sejumlah awak media, Jum’at (16/6/2023) kemarin, di ruang loby DPRD setempat.

WhatsApp Image 2023 06 16 at 9.06.04 AM

Maksudnya, DLH perlu mencarikan solusinya, bagaimana caranya sampah-sampah tersebut dikelola dengan baik. Sehingga, bahu jalan di sepanjang jalan Baun Bango tersebut bisa bersih dari sampah. Apakah dengan cara mengangkutnya lagi ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), ataukah dengan cara membuatkan TPS baru yang bisa menampung puluhan ton di daerah tersebut.

Karena, lanjutnya, jika dibiarkan terus menerus orang membuang sampahnya di bahu jalan tersebut dan jarang diangkut, kian hari semakin menumpuk. Bahkan tidak jarang tumpukan sampah di daerah tersebut berhamburan mengenai badan jalan. “Akibatnya bukan saja mengganggu para pengendara yang berlalulintas di daerah tersebut, tapi juga mengganggu masyarakat setempat,” kata H Hanafi.

Terkait permasalahan sampah tersebut, dirinya menyarankan kepada DLH agar melakukan koordinasi dengan aparatur Desa setempat untuk menyelesaikannya. “Sehingga adanya kesamaan (sinergi) masyarakat, aparatur Desa setempat dan DLH untuk mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan sampah di situ,” saran legislator Partai Persatuan () ini.

Selanjutnya, dirinya juga meminta kepada masyarakat Desa Hampalit dan masyarakat secara umum, agar membuang sampah pada tempatnya. “Masyarakat membuangnya ke TPS. Setelah itu, DLH membuangnya ke TPA,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan ini. (abu)Â