Bupati Katingan Buka Lomba MTQ XV dan FSQ VIII 

WhatsApp Image 2023 06 20 at 3.15.05 PM
Bupati Katingan Sakariyas didampingi Wabup Sunardi NT Litang dan sejumlah pejabat lainnya memukul terbang, sebagai tanda dimulainya lomba MTQ XV dan FSQ VIII tingkat Kabupaten Katingan tahun 2023, Senin malam (19/6/2023), di area Sport Center Kasongan

BALANGANEWS, KASONGAN – Bupati Katingan, Sakariyas secara resmi telah membuka lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an XV dan Festival Qasidah () VIII tingkat Kabupaten Katingan, Senin malam (19/6/2023), di Sport  Center Kosongan.

dalan sambutannya mengatakan, bahwa dan FSQ ini merupakan kegiatan keagamaan (Islam) yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya di Kabupaten Katingan ini. “Mulai tingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten,” kata Sakariyas.

PAN

Kemudian, lanjutnya, bagi peserta yang berhasil menjadi pemenangnya akan diikutsertakan pula ke lomba MTQ dan FSQ tingkat Provinsi hingga berlanjut ke tingkat .

Selanjutnya, terkait dengan MTQ dan FSQ ini pula, menurutnya, bukan hanya sekadar diperlombakan saja, tapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah. “Guna mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia,” terangnya.

Di tempat yang sama, ketua umum pelaksanaan MTQ dan FSQ tahun 2023 tingkat Kabupaten Katingan, Sunardi NT Litang dalam laporannya menyebutkan, kafilah yang ikut berlomba, khusus untuk MTQ berjumlah sekitar 350 peserta lebih. Sedangkan untuk FSQ sekitar 115 peserta.

Kalau acara pembukaan dan penutupan dilaksanakan di area Sport Center, tapi untuk kegiatan lombanya di sekretariat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an () dan di sekretariat Lembaga Seni Qasidah (Lasqi) Kabupaten Katingan serta di beberapa Masjid terdekat yang ada di Kasongan. “Sementara untuk penginapan kafilah di beberapa rumah penduduk setempat,” kata Sunardi.

Hadir dalam acara pembukaan pada malam itu, selain Bupati dan Wabup Katingan dan Sekda setempat, juga ketua LPTQ Provinsi Kalteng dan ketua LPTQ Kabupaten Katingan, ketua Provinsi Kalteng dan ketua MUI Kabupaten Katingan, kepala Kemenag Kabupaten Katingan, ketua , sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab setempat, sejumlah anggota DPRD setempat, , semua Camat se-Katingan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. (abu)