Dewan: Konsultan Pengawas Diminta Ada di Lokasi Setiap Hari

jalan
Pembangunan drainase di Jalan Keluarga/Soekarno Hatta Kasongan yang dikerjakan oleh rekanan pemenang tender. Sedangkan anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Katingan tahun anggaran 2023, melalui Dinas PUPR setempat

, KASONGAN – Saat ini puluhan kegiatan pembangunan yang dikelola oleh  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , utamanya dalam bentuk fisik sudah banyak yang dilelang, dan bahkan, kini sedang berjalan (dikerjakan) oleh masing-masing pemenang tender.

Diantaranya, pekerjaan peningkatan badan jalan di sekitar jalan Hatta, termasuk juga pembuatan drainase.

WhatsApp Image 2023 06 22 at 2.03.33 PM

Pekerjaan tersebut meskipun diserahkan ke masing-masing Organisasi (OPD) lingkup , namun yang mengerjakan langsung di lapangan, tetap saja rekanan pemenang tender.

Sehubungan dengan itulah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Eterly meminta kepada OPD pemberi kerja selain mengingatkan kepada rekanan yang bersangkutan, juga menegaskan kepada konsultan pengawas (pengawas eksternal) agar selalu berada di lokasi pekerjaan, di mana mereka ditempatkan, sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani antara dinas yang bersangkutan dengan konsultan tersebut.

Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at pagi (23/6/2023), di ruang loby DPRD setempat. “Tujuannya, selain pekerjaan tersebut waktunya tidak molor atau tepat waktu, kualitasnya pun sesuai harapan kita semua,” kata Eterly.

Sebab, pengawasan di dalam suatu pekerjaan menurut legislator ini, merupakan salah satu hal terpenting untuk menentukan baik atau tidaknya suatu pekerjaan. Sehingga, sebagian besar apa yang dibangun oleh Pemkab, dipastikan memiliki konsultan pengawas. “Dengan tujuan, agar pekerjaan tersebut berkualitas dan tepat waktu saat mengerjakannya,” jelasnya.

Terkait dengan pengawasan dimaksud, dirinya juga mengingatkan kepada masing-masing OPD agar selalu melakukan pemantauan di masing-masing pekerjaan. “Tidak harus kepala OPD-nya yang turun ke lapangan, tapi cukup pengawas internal yang ada di OPD tersebut,” ujar anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah , Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan ini. (abu)