PHBI Kerjasama Dengan PPNI Gelar Sunatan

WhatsApp Image 2023 07 11 at 2.18.15 PM
Asisten I H Hariawan, saat menyampaikan sambutan dan arahan kepada anak-anak yang akan bersunat, Selasa pagi (11/7/2023), di sekretariat LPTQ Kabupaten Katingan

 – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) kerjasama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia () Kabupaten  gelar sunatan gratis, Selasa pagi (11/7/2023), di sekretariat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an () Kabupaten Katingan.

, melalui Asisten I Setda Katingan H Hariawan dalam sambutannya mengatakan, sunatan gratis ini merupakan program PHBI setiap tahunnya, selain program-program yang sudah digelar sebelumnya. “Seperti program pawai takbiran malam hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah dan pelaksanaan qurban di hari raya 1444 Hijriah,” kata H Hariawan.

Khusus untuk sunatan gratis ini menurutnya, pelaksanaannya sesuai momen, adalah dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Syawal 1445 Hijriah, yang bertepatan pula dengan tanggal 19 Juli 2023.
ADE S

Adapun anak-anak yang disunat tanpa pembayaran pada sunatan gratis di pagi hari itu menurutnya, berjumlah sekitar puluhan orang. “Khusus untuk tahun ini, anak-anak yang disunat tidak mengenal, apakah mereka mampu ataupun kurang mampu, semua biaya digratiskan untuk,” ujarnya.

Terkait dengan kegiatan , menurutnya terpaksa dibatalkan. Alasannya, lantaran stok kantong penyimpanan sementara darah yang bakal didonor oleh para pendonor habis. “Sehingga, donor darah untuk hari ini ditiadakan,” terangnya.

Terkait dengan donor darah, lanjutnya, selain harus menyediakan kantong darah, juga harus mempersiapkan sejumlah tenaga medisnya. “Mudah-mudahan, di lain waktu dan kesempatan yang akan datang, kita akan melaksanakan donor darah,” harapnya.

Hadir dalam gelar tersebut, selain puluhan masyarakat Kasongan dan sekitarnya, yang terdiri dari anak-anak yang bakal dikhitan, juga ketua PHBI setempat Sukarti, ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Edy Rahmad Sosiawan, tenaga medis dari PPNI setempat dan tokoh agama Dzawidul serta sejumlah undangan lainnya. (abu)