Kakanwil Kemenkumham Kalteng Panen Bersama di Lahan SAE

WhatsApp Image 2023 07 11 at 2.16.00 PM

,  – Lembaga Pemasyarakatan () Kelas IIB Pangkalan Bun kembali memanen sayuran organik jenis selada dan panen Ikan lele bersama Kakanwil  Kalimantan Tengah, Hendra Ekaputra, Selasa (11/7/2023).

Sayuran organik dan budidaya ikan itu merupakan hasil jajaran dalam bagian kegiatan kerja bersama sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengelola lahan tidur pada area beranggang menjadi lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) .

Dalam kegiatan tersebut Kakanwil dan jajaran disambut langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pangkalan Bun Doni Handriansyah yang mengajak untuk melakukan panen sayur selada kemudian dilanjutkan dengan panen ikan lele.

Dalam kegiatan panen tersebut juga didampingi oleh kepala divisi Pelayanan dan HAM Arfan Faiz Muhlizi serta pejabat struktural Lapas Pangkalan Bun.

Pembinaan budidaya sayur selada melalui hidroponik sendiri merupakan program unggulan pembinaan kemandirian yang dikembangkan Lapas Pangkalan Bun.

Saat melakukan panen bersama, Kakanwil Kemenkumham Kalteng Eka Putra mengapresiasi kinerja Kepala Lapas Kelas II B Pangkalan Bun dan jajarannya dalam pelaksanaan program dan sistem pemasyarakatan.

Eka juga berharap agar Lapas Pangkalan Bun mampu meningkatkan hasil hingga menyoal kerjasama pemasaran sehingga produk budidaya yang dihasilkan bisa lebih dikenal dan luas pemasarannya.

Sementara itu , Kalapas Doni Handriansyah berharap dengan adanya budidaya sayur selada dan budidaya ikan di Lapas dapat memicu para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk bisa lebih kreatif dan semangat dalam mengembangkan budidaya pisang Cavendish maupun budidaya lainnya yang bisa menghasilkan produk unggulan.

“Dengan didikan dari staff Bimbingan Kerja yang mempunyai pengalaman khusus di bidangnya ditambah dengan kegigihan para WBP yang ingin belajar serta ditambah beberapa yang sudah punya keahlian bersama-sama menjadikan lahan Lapas menjadi hijau dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” ungkap Doni. (yud)