Dewan Minta Pedagang Jangan Berjualan di Bahu Jalan dan Atas Drainase

WhatsApp Image 2023 08 18 at 2.08.53 PM
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, H Hanafi

, KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten , H Hanafi meminta kepada para pedagang jangan berjualan di bahu kiri-kanan jalan dan di atas drainase. Permintaannya ini dikatakannya kepada sejumlah awak media, Jum’at pagi (18/8/2023), di ruang loby DPRD setempat.

Karena, jika mendagangkan jualannya di bahu jalan dan di atas drainase menurutnya selain menutup saluran air di sepanjang drainase tersebut, juga akan mempersempit ruas jalan yang dilalui oleh pengendara dan pejalan kaki.

Meskipun kita tidak menghendaki terjadinya musibah di musim kemarau ini, namun jika terjadi juga di pasar yang padat pertokoan tersebut, seperti pasar menurutnya pihak Pemadam Kebakaran dan Penyelamat (Damkarmat) akan kesulitan melewati jalan tersebut untuk melakukan pemadaman.

Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kepada semua pedagang, mulai sekarang agar membenahi semua tempat dagangannya. Yang tadinya sudah terlanjur menutupi drainase dan menggunakan bahu kiri dan kanan jalan agar dimundurkan tempat dagangannya sesuai aturan yang telah diatur oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. “Sehingga, ketika terjadinya musibah kebakaran di lokasi tersebut pihak Damkarmat dapat memadamkannya dengan cepat pula,” ingat legislator ini.

Adapun tujuan pemerintah melarang para pedagang menempati jualannya di atas drainase dimaksud menurutnya, agar jalannya air di dalam drainase tersebut lancar salurannya dan tidak tergenang, bahkan meluap ke atas jalan di saat musim penghujan. “Tujuan lainnya, agar instansi terkait tidak kesulitan saat membersihkan drainase tersebut,” terang anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah , Tewang Sangalang Garing dan ini. (abu)