Tahun 2023 Pemkab Katingan Buka Kesempatan untuk Menerima 1.969 P3K

WhatsApp Image 2023 09 21 at 9.33.00 PM
Kepala BKPSDM Kabupaten Katingan, Bambang Hariyanto, S.I.P

BALANGANEWS, – Kendati Pemerintah membuka seluas-luasnya kepada rakyat Indonesia untuk penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2023 ini, namun, khusus untuk Pemerintah hanya membuka formasi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) saja.

Demikian yang dikatakan kepala Badan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Katingan, Bambang Hariyanto melalui Sekretarisnya, Niko kepada sejumlah awak media, Kamis siang (21/9/2023), di ruang kerjanya.

Adapun sejumlah formasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI menurut Niko, meliputi tenaga pendidik (guru) sebanyak 1.009 orang, tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 514 orang dan tenaga teknis sebanyak 173 orang. “Sehingga jumlah keseluruhannya sekitar 1.969 orang,” kata Niko.

Adapun istilah umum dimaksud menurutnya, termasuk di dalam jenis kebutuhan. Sementara kebutuhan dimaksud ada dua jenis lagi, yaitu umum dan khusus. Khusus yaitu diperuntukkan bagi eks tenaga katagori II yang terdaftar di dalam database milik BKN dan melamar pada instansi pemerintah.

“Sedangkan yang khusus adalah non yang terdaftar atau Tenaga Harian Lepas () pada instansi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan yang memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun masa kerja berturut-turut,” terangnya.

Selain khusus, menurutnya ada lagi jenis kebutuhan umum di luar dari kategori dua dan non ASN THL. Misalnya, pelamar dari masyarakat yang pernah bekerja di perusahaan swasta namun memiliki pengalaman bekerja minimal dua tahun berturut-turut hingga sekarang yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari pimpinan perusahaan yang bersangkutan.

“Contohnya, seorang perawat bekerja di salah satu rumah sakit swasta selama dua tahun lebih yang juga dibuktikan dengan surat pernyataan dari direktur rumah sakitnya,” ujarnya.

Selanjutnya, masyarakat yang akan melamar P3K tahun 2023 ini menurutnya tidak lagi secara manual seperti di tahun-tahun yang lalu, tapi diwajibkan melalui online yang bisa dibuka di google. Baik mengenai persyaratannya maupun sistem menjawab soal ujian atau tesnya.

Sedangkan untuk waktu pengiriman (penyerahan) semua dokumen persyaratannya menurutnya, sudah ditentukan secara , begitu pula waktu ujian (tes). Khusus tes untuk masyarakat kita di Kabupaten Katingan bertempat di ruang Laboratorium BKPSDM Kabupaten Katingan Komplek perkantoran Kabupaten setempat.

Harapannya, dari formasi ini yang akan berhasil lulus dari kompetisi P3K ini didominasi oleh putra dan putri daerah Kabupaten Katingan.

“Sehingga bisa bergabung di ini untuk membangun Kabupaten Katingan yang lebih sejahtera,” harapnya. (abu)