Teras Narang dan Bupati Katingan Hadiri Sidang III Majelis Sinode GKE

WhatsApp Image 2023 09 21 at 9.33.44 PM
Situasi pelaksanaan Sidang III Majelis Sinode GKE, Kamis (21/9/2023), di gedung serbaguna Salawah - Kasongan

, KASONGAN dan Bupati Katingan Sakariyas hadiri sidang III Majelis Sinode Gereja Kalimantan Evenlish (GKE) tahun 2023 se-Kalimantan, Kamis pagi (21/9/2023) di gedung serbaguna Salawah – Kasongan .

Teras Narang selaku wakil ketua Majelis pertimbangan GKE saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, kepada sejumlah awak media mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya.

“Tahun 2022 kemarin, dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau, tahun 2023 ini dilaksanakan di Kasongan Kabupaten Katingan,” kata Teras Narang.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini, menurutnya untuk mengevaluasi kegiatan di tahun 2023 yang lalu dan sekaligus membuat perencanaan program kegiatan untuk tahun 2024 yang akan datang. Untuk menentukan persiapan program di tahun 2024 mendatang tentunya harus dilihat dulu kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2023 ini. Jika ada yang masih belum dilaksanakan program di tahun 2022 yang lalu di  tahun 2023 ini, maka akan dibuat lagi kegiatannya di tahun 2023 ini untuk dilaksanakan pada tahun 2024 yang akan datang, bersamaan dengan program baru.

Terkait dengan sidang III yang sedang dilaksanakan pada hari ini menurutnya dihadiri oleh pengurus GKE dari beberapa Provinsi se-Kalimantan. Dan bahkan ada tambahan dari , Solo, Surabaya dan Bogor. Sedangkan sejumlah program yang dibicarakan dalam sidang III ini, diantaranya tentang pendidikan, kesehatan, perkembangan sejumlah tempat ibadah (Gereja), utamanya yang di Ibukota Negara Nusantara (IKN).

Pasalnya, GKE menurutnya memiliki tanah di IKN tersebut. Sehingga, bagaimanapun juga yang namanya GKE itu merupakan salah satu tugas dari GKE dalam rangka untuk berperan serta dalam IKN. “Karena IKN letaknya di Pulau Kalimantan,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya menyebutkan, khusus untuk dunia pendidikan, GKE memiliki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Universitas atau perguruan tinggi.

“Semua tempat pendidikan ini selain ada di Kota Palangka Raya (), juga di Kota Pontianak (),” tutur anggota DPD RI asal Kalteng ini.

Sedangkan kesehatan tempatnya ada dua diantaranya ada di Nagabulik Kabupaten Lamandau dan Kota Palangka Raya, yang saat ini hanya berstatus Klinik Pratama. Ke depannya GKE berkeinginan membangun Rumah Sakit (RS) GKE. Rencananya akan dibangun di Kota Palangka Raya. Sementara dananya akan dihimpun dari sejumlah donator para jemaat dan lain sebagainya. “Harapan ke depan, lanjutnya, GKE ingin berkiprah, dan yang pertama tempatnya di IKN,” terang mantan Kalteng dua periode ini.

Di tempat yang sama, Bupati Katingan Sakariyas, kepada sejumlah awak media mengatakan, dengan digelarnya sidang Majelis Sinode  III GKE tahun 2023 di Kabupaten Katingan ini, selain mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada semua peserta, juga sangat mendukung kegiatan ini.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan dan atas nama pribadi, kata Sakariyas, dirinya memberikan fasilitas untuk menggelar kegiatan ini. Baik sarana maupun prasarananya.

“Memang benar, apa yang dikatakan Pa Teras Narang bahwa kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah untuk mengevaluasi kegiatan di tahun lalu dan akan merencanakan program dan kegiatan di tahun 2024 mendatang,” kata ungkap orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini, seraya berharap kegiatan ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan yang terbaik untuk GKE ke depannya. (abu)