Cuaca Panas, Masyarakat Dihimbau Tidak Membakar Lahan

74740809 ab5d 476d ac12 1f73cc37001d
Rudi Hartono

, dalam beberapa pekan terakhir ini kian panas, tak terkecuali pula dengan cuaca di wilayah . “Oleh karena itu masyarakat diimbau agar tidak membakar lahan,” kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Rudi Hartono kepada sejumlah awak media, Senin (25/9/2023).

Pasalnya, jika melakukan di saat cuaca seperti ini menurutnya dikhawatirkan apinya akan merembet ke beberapa lahan lainnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan merembet pula ke perumahan penduduk. Karena, dengan cuaca yang panas seperti saat ini tentu saja banyak rerumputan dan pepohonan yang mengering. “Sehingga, dengan sentuhan api yang kecil pun akan cepat membakar rerumputan dan pepohonan yang mengering tersebut,” ujar legislator Partai ini.

Jika kebakarannya membesar dan meluas ke mana-mana, lanjutnya, dikhawatirkan akan semakin sulit petugas pemadam kebakaran yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan untuk memadamkannya.

Jika sudah meluas kebakarannya menurutnya, yang menderita kerugian bukan hanya lahannya saja, tapi akan berdampak pula terhadap kesehatan penduduk masyarakat setempat serta sulitnya menjalankan aktivitas. “Karena, jika kebakaran meluas tentu saja akan menimbulkan asap,” terangnya

Jika asap semakin banyak atau menebal di lingkungan tempat tinggal kita, bukan saja kita yang kesulitan dalam bekerja, tapi bernapas pun juga sulit. “Bahkan ada masyarakat kita yang sampai menderita infeksi saluran pernapasan akut (),” pungkas mantan jurnalis ini. (abu)