PDIP Apresiasi Dua Draf Raperda Pemkab Katingan

Whatsapp Image 2023 11 03 At 9.36.07 Pm

BALANGANEWS, – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () sangat mengapresiasi dua buah draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang telah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Katingan.

Apresiasi tersebut diungkapkannya saat rapat paripurna di ruang rapat di setempat, Kamis (1/11/2023) melalui juru bicaranya, Gimmak Bulinga.

Dua buah draf Raperda yang telah diajukan tersebut, diantaranya Raperda tentang Pajak dan Retribusi Daerah dan Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, yang diharmonisasikan dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham () Provinsi Kalimantan Tengah.

“Hal ini menunjukan keseriusan Pemerintah Kabupaten Katingan,” kata Gimmak Bulinga.

Pasalnya, jika dua Raperda itu nantinya sudah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) menurutnya, akan membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Katingan yang berdampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah () Kabupaten Katingan.

Meskipun dampaknya dapat meningkatkan PAD Kabupaten Katingan, namun dirinya mengingatkan kepada melalui instansi terkait agar Perda tersebut tidak hanya sebatas dibuat saja atau sebatas dokumen saja, tapi wajib disosialisasikan kepada masyarakat, direalisasikan dan diimplementasikan.

“Sehingga, dapat memberikan dampak bagi kemajuan daerah,” ingatnya.

Bahkan, saking setujunya, dirinya berharap, dua Raperda tersebut dalam penetapannya menjadi Perda, bisa secepatnya.

“Kita akan untuk segera ditetapkan menjadi Perda,” Tandasnya. (abu)