Kadisdik Katingan Serahkan Piagam Kepada Juara SMPN Terbaik 2023

Img 20231224 Wa0093

, KASONGAN – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Katingan, Feriso didampingi Kabid SMP Adi Chandra Masri, serahkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada masing-masing kepala sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) terbaik se-Kabupaten Katingan tahun 2023, Sabtu siang (23/12/2023) kemarin.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Adapun yang berhasil sebagai juara pertama, adalah SMPN 3 yang berada di Desa Jaya Makmur Kabupaten Katingan. Menyusul sebagai juara kedua. Sedangkan untuk SMPN Satap 3 Katingan Tengah berhasil menjadi juara ketiga. Sementara untuk juara keempat diraih oleh SMPN 1 , juara kelima diraih oleh SMPN Satap Katingan Hilir, juara keenam diraih oleh SMPN 3 Tasik Payawan, juara ketujuh diraih oleh SMPN 1 Tewang Sangalang Garing, juara kedelapan diraih oleh SMPN 3 Sanaman Mantikei dan juara kesembilan diraih oleh SMPN 3 Katingan Hilir.

Kepala Disdik Kabupaten Katingan, Feriso, mengaku sangat mengapresiasi atas keberhasilan kesembilan SMPN yang telah berhasil menjadi juara SMPN terbaik se-Kabupaten Katingan. “Selamat dan sukses atas prestasi yang kalian peroleh,” ucap Feriso.

Adapun tujuan digelarnya seleksi atau pemilihan SMPN Terbaik tahun 2023 se Kabupaten Katingan yang digelar selama beberapa hari pada saat itu menurut Feriso, menginginkan pelayanan pendidikannya berfokus ke arah yang semestinya. Di samping itu agar semua sekolah selalu memperhatikan kelengkapan administrasi sesuai standar pelayanan pendidikan yang kita cita-citakan.

Adapun sejumlah kepala sekolah dan guru yang menginginkan kegiatan seperti ini agar digelar lagi di tahun-tahun mendatang direspon positif oleh Feriso. Karena, kegiatan seperti ini bukan sekadar lomba saja, tapi dapat pula memberikan semangat bagi sekolah dan para dewan guru lainnya untuk lebih meningkatkan lagi proses belajar mengajarnya. Oleh karena itu, mereka berharap dengan sangat agar kegiatan ini setidaknya digelar setiap tahun.

“Yang pasti, jika memungkinkan, kegiatan seperti ini pasti kita gelar lagi di tahun mendatang,” janji Feriso.

Sedangkan usulan dari salah seorang kepala SMPN dimasukkannya kunjungan dari tim penilai ke masing-masing sekolah dalam kejuaraan sekolah terbaik menurut Feriso merupakan masukan yang baik. Karena, bagi sekolah yang dikunjungi oleh Dinas Pendidikan beserta tim penilai tentu saja akan lebih memberikan semangat terhadap kepala sekolah dan dewan guru, sekaligus kepada para siswanya.

Jadi pada intinya, untuk menetapkan kejuaraan sekolah terbaik di tahun-tahun mendatang, tim penilai selain menilai dari sisi administrasi dan wawancara, juga dari sisi kelengkapan sarana prasarana (sarpas) dan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya.

“Yang secara langsung ditinjau oleh tim penilai ke sekolahnya masing-masing,” ungkap mantan Kepala Dinas dan Pencatatan Sipil ini. (abu)