Berikan Dukungan Atas Diselenggarakannya Haul Guru Sekumpul

Whatsapp Image 2024 01 11 At 4.31.25 Pm
Wakil Ketua (Waket) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Fahrul Razi

BALANGANEWS, KASONGAN – Wakil Ketua (Waket) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Fahrul Razi berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas terkait, untuk memberikan dukungan kepada panitia pelaksana (Panlak) atas diselenggarakannya Aruh Ganal peringatan Isra Mi’raj 1445 Hijriah dan haul ke 19 guru ijai (guru sekumpul), 8 Rajab 1445 Hijriah atau Jum’at malam (19/1/2024) mendatang, di Masjid Al Muhajirin Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Sudah menjadi kebiasaan, khusus untuk haul guru sekumpul ini, pengunjungnya sekitar puluhan ribu jamaah, yang terdiri kaum muslim dan muslimat, baik dari Kabupaten Katingan maupun dari beberapa daerah Kabupaten dan Kota di Kalteng dan Kalsel. Bahkan ada pula yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Jakarta, Surabaya dan sejumlah daerah lainnya.

Beberapa Dinas terkait yang diharapkan dukungannya menurutnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, diharapkan untuk memperbaiki kilometer 1 hingga kilometer 30 perbatasan antara Kabupaten dengan Kabupaten Katingan. Terutama, jika terdapat lubang dan kerusakan lainnya.

Kepada Dinas Perkimtan setempat, lanjutnya, diharapkan agar memasang lampu-lampu untuk penerangan jalan di sekitar jalan Tjilik Riwut menuju tempat penyelenggaraan haul guru sekumpul tersebut. Sehingga, kerawanan laka dan hal yang tidak kita inginkan pada malam hari bisa terhindari.

Selanjutnya, kepada Dinas dan Perikanan (Dishubkan) Kabupaten Katingan dan pihak , bentuk dukungannya, adalah membantu kelancaran alur lalulintas di jalan raya, utamanya di seputaran jalan Tjilik Riwut – Kereng Pangi. Begitu pula Kepada anggota Orari dan Rapi sebagai relawan, diharapkan pula ikut membantu komunikasinya dalam menyebarkan pengumuman kepada pengendara melalui radio amatirnya, yang menerangkan bahwa di sekitar Jalan Tjilik Riwut antara Kasongan hingga Kereng Pangi terlihat padatnya alur lalulintas. Karena, adanya pelaksanaan haul peringatan Isra Mi’raj dan haul guru sekumpul ke 19.

Dengan demikian, para pengendara, baik dari Kota Palangka Raya mau ke Sampit (Kotim) maupun sebaliknya menurut anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sanga Garing dan Pulau Malan ini, waspada.

“Sehingga para pengendara ketika ingin melewati jalur tersebut selalu berhati-hati,” harap legislator Partai Kebangkitan Bangsa () ini. (abu)