70 Satpol PP dan 1.000 Linmas Berikan Pengamanan Pemilu 2024

Kasat Pol PP Kabupaten Katingan, Pimanto, S.Sos

, – 70 personil Satuan Polisi Pamong Praja () dan 1.000 personil Pelindungan Masyarakat (Linmas) berikan pengamanan pemilihan umum () tahun 2024, baik pilpres maupun pileg, yang berlangsung 14 Februari 2024 mendatang.

Demikian kata Kasat Pol PP , Pimanto, S.Sos kepada media, Kamis pagi (26/1/2024), di ruang kerjanya.

70 personil Satpol PP, menurutnya, membantu pengamanan di sejumlah TPS yang agak rawan. Maksudnya, 70 personil Satpol PP tersebut meskipun diikutsertakan untuk memberikan pengamanan, namun tidak semua berada di TPS. Tapi, hanya di beberapa wilayah yang rentan saja. “Dalam pengamanannya, Satpol PP bersama aparat TNI dan Katingan,” kata Pimanto.

Sedangkan 1.000 personil Linmas tersebut menurut Pimanto disebar ke 154 Desa dan 7 Kelurahan yang ada di Kabupaten Katingan untuk ikut memberikan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Masing-masing TPS ditempatkan dua personil Linmas,” ujarnya.

Khusus untuk personil Satpol PP ini, lanjutnya, tugasnya bukan hanya memberikan pengamanan di saat hari pencoblosan (hari H) saja, tapi sudah ditugaskan beberapa hari sebelum hari H, yaitu melakukan pengamanan bersama aparat kepolisian dan TNI. Salah satunya mendampingi komisioner KPU Kabupaten Katingan saat mendistribusikan surat suara, kotak suara dan semua peralatan dari KPU ke Kecamatan, dari Kecamatan ke Desa-Desa dan Kelurahan.

Terkait pengamanan dimaksud, dirinya berharap kepada seluruh personil Satpol PP dan Linmas agar bersungguh-sungguh menjalankan tugasnya demi keamanan, tertib dan kondusifnya pemilu 2024 ini.

“Sehingga, berjalan lancar dan sukses,” harap mantan Camat ini. (abu)