Pengamanan Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Lancar

H Berkat Setiawan

, Masyarakat menilai pengamanan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 ini berjalan aman dan lancar.

Demikian, kata H Berkat Setiawan, salah seorang tokoh masyarakat , yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Senin (19/2/2024).

Buktinya, menurut H Berkat Setiawan, tahap demi tahapan, hingga ke tahapan kampanye dan pencoblosan (hari H) 14 Februari 2024 yang lalu, serta pasca hari H seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan dalam keadaan damai, aman, lancar dan kondusif.

“Saya saksikan sendiri,” kata H Berkat Setiawan.

Dalam beberapa kali Pemilu, baik Pilpres, maupun Pilkada, selama itu pula menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Katingan ini, tak permah ada gejolak sedikitpun.

“Artinya, meskipun kita ketahui masyarakat Katingan ini terdiri dari beberapa suku dan agama/keyakinan serta berbeda pilihan dalam menentukan para wakilnya, namun selalu menjaga kerukunan dan persatuan,” akunya.

Ini semua, lanjutnya, di samping masyarakatnya selalu menghormati satu sama lainnya dan mentaati semua aturan, juga berkat kearifan dan kebijakan kepala daerah serta berkat aparat keamanan yang ada di daerah kita yang selalu aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Baik dari aparat kepolisian, maupun serta aparat keamanan terkait lainnya,” tuturnya.

Oleh karena itu dirinya berharap keadaan damai, aman dan kondusif seperti ini, bisa berlanjut hingga ke tahap pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten Katingan nanti. Bahkan sampai ke Presiden-Wapres RI, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota nanti. (abu)