DPRD Ingatkan Masyarakat Agar Waspada Terjadinya Banjir

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Aldy A

, Anggota Kabupaten , Aldy A ingatkan masyarakat Kabupaten Katingan agar selalu waspada terjadinya banjir di masing-masing wilayah Kecamatan hingga di desanya. Peringatan ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at (8/3/2024).

Karena hal ini menurut Aldy, mengingat curah hujan dalam dua pekan ini kian hari semakin tinggi. Bukan hanya di daratan rendah saja yang akan menjadi langganan banjir, tapi, bisa terjadi pula di wilayah hulu, tengah hingga selatan.

“Oleh karena itu, waspadalah,” kata Aldy.

Waspada yang dimaksud menurut legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, masyarakat harus mempunyai langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum terjadinya banjir di lingkungan tempat tinggalnya dan sekitarnya.

“Diantaranya membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya, utamanya pada saluran air atau selokan dari ,” ingat anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, dan Katingan Kuala ini.

Kemudian, dirinya juga menyarankan kepada masyarakat agar meninggikan bangunan, dengan cara membuat panggung di dalam rumah, mengamankan dokumen penting seperti akte kelahiran, kartu , buku tabungan, sertifikat, ijazah, benda-benda elektronik dan benda berharga lainnya dari jangkauan air banjir.

Saran lainnya, lanjutnya, apabila banjir datang sebaiknya membuat rencana penyelamatan dan komunikasi dengan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ataupun kepada Kades dan pihak Kecamatan serta aparat setempat.

“Hal yang tidak kalah pentingnya juga jika banjir bertambah tinggi, matikan aliran listrik dalam rumah dan hubungi petugas untuk mematikan alirannya,” sarannya.

Selanjutnya, jika sudah tidak memungkinkan lagi untuk tinggal di rumah lantaran air banjir semakin meninggi menurutnya agar secepatnya mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

“Namun, sebelum mengungsi, pastikan rumah dalam keadaan aman dan terkunci,” pungkas politisi yang bakal duduk kembali menjadi wakil rakyat untuk ketiga kalinya di DPRD Kabupaten Katingan ini. (abu)